Bupati Batu Bara Lakukan Pengapalan Perdana Ekspor Produk UMKM Lewat Pelabuhan Inalum

Bupati Batu Bara Lakukan Pengapalan Perdana Ekspor Produk UMKM Lewat Pelabuhan Inalum

BATUBARA, PAB - 

Suksesnya program pengiriman hasil Sumber Daya Alam (SDA) dan hasil Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) yang akan dikirim ke Malaysia akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Batu Bara.

Hal itu dikemukakan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir MAP pada kegiatan pengapalan perdana ekspor produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di pelabuhan dermaga C Inalum Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Jumat (04/06/2021).

Dikatakan Bupati, di masa Pandemi Covid 19 saat ini kita harus dapat melakukan pemulihan ekonomi dengan cepat. Tentunya perlu kerja sama yang dibangun secara kekeluargaan dengan berbagai pihak. Karena pemulihan ekonomi secara cepat diperintahkan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Batu Bara yakni perizinan dan perdagangan harus diberikan pelayanan yang cepat sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Menurut Zahir, pihaknya memilih Pelabuhan Inalum dermaga C untuk menghemat biaya ongkos dan tidak ada mafia - mafia pelabuhan sehingga menjadi keuntungan besar bagi masyarakat Batu Bara. Pengapalan perdana ini diawali dengan mengirim produk hasil laut. Kedepannya akan dikirim hasil bumi dan hasil produk UMKM Khas Batu Bara, kata Bupati.

Sementara Dirut PT. Pelindo I diwakili Dirut PT. Prima Multi Terminal Rudi Susanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama pandemi Covid - 19 banyak perusahaan yang mulai menutup gerainya, terkecuali Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) yang bertahan.

Pelindo akan mendukung penuh program tersebut, karena para pelaku UMKM Kabupaten Batu Bara tidak mengirim barang melalui pelabuhan yang jauh sehingga ongkos logistik akan lebih murah dari kuala Tanjung ini, ujar Rudi.

Hal senada juga disampaikan Direktur Pelaksana Inalum Shopia Isabela Watimena yang menyatakan perusahaan Inalum mendukung penuh program ekspor produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan diberikan fasilitas pelabuhan. Sebab, para pelaku UMKM sangat berpeluang untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan.(ans)

Berita Lainnya

Index