KRI Karotang - 872 Perkuat Jajaran Unsur Satuan Kapal Patroli Lantamal I Belawan

KRI Karotang - 872 Perkuat Jajaran Unsur Satuan Kapal Patroli Lantamal I Belawan

BELAWAN I PAB I----Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso memim pin acara penyambutan kedatangan KRI Karotang - 872 di Dermaga Mako Lantamal I Belawan Rabu, (12/05/2021).

KRI Karotang - 872 jenis Patrol Craft (PC) type PC-40 tahun pembuatan 2019 di galangan kapal PT. Karimun Anugerah Sejati. Pembuatan dinding kapal dengan material Bakap Marine Aluminium Alloy Series 5000. Adapun besar kapal dengan ukuran Panjang Max (LOA) 45,50 Meter dan Lebar Max (B.Max) 7,90 Meter. Sedangkan kemampuan kapal dengan kecepatan Ekonomi 15 knots, kecepatan Jelajah 17 knots dan kecepatan Maximal bisa mencapai 24 knots.

Nama KRI Karotang - 872 diambil dari nama ikan Kertang/Karotang ( Epinephelus Lanceolatus) adalah salah satu spesies ikan bertulang keras terbesar dari keluarga kerapu dan dapat mencapai panjang 270 cm dengan berat 400 Kg. Dengan ukuran yang relatif besar, tidak heran jika ikan raksasa ini menjadi salah satu predator yang menempati posisi puncak rantai makanan para ekosistem terumbu karang di perairan tropis dan subtropis yang salah satu persebarannya sampai ke perairan Selat Malaka dan Tanjung Balai Asahan.

KRI Karotang - 872 dikomandani oleh seorang perwira menengah berpangkat Mayor atas nama Mayor Laut (P) Andromeda Winda Ciptadi MA dengan dibantu oleh 5 orang Perwira Pertama, 8 personel berpangkat Bintara dan 22 prajurit berpangkat Tamtama saat ini masuk dan memperkuat jajaran Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan dan menjadi kapal Pengawal Samudra yang tangguh dalam melaksanakan pertempuran laut juga didukung dengan prajurit pengawak unsur yang gesit dan trampil saat melaksanakan tugas patroli dalam penegakkan kedaulatan dan hukum di laut di perairan wilayah perairan yuridiksi Indonesia.

Dalam acara penyambutan terhadap KRI Karotang - 872 dilaksanakan pemberian selendang ulos batak ciri khas Sumatera Utara kepada Komandan KRI Karotang - 872 dan pengalungan bunga serta disambut dengan tarian selamat datang oleh putri-putri asli anak Medan.

Komandan Lantamal I Brijen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dalam sambutannya meyampaikan bahwa KRI Karotang - 872 merupakan Kapal jenis Patroli Craft (PC) type 40 dibuat di galangan kapal PT. Karimun Anugerah Sejati tahun 2019, rancangan teknis kapal ini telah disesuaikan dengan kebutuhan unsur Patroli TNI Angkatan Laut. Dalam harapannya, Komandan dan ABK KRI Karotang - 872 tetap semangat dalam melaksanakan tugas-tugas operasi di wilayah kerja Lantamal I, dan tak lupa juga menyampaikan dalam kesempatan yang baik ini, secara pribadi dan kedinasan mengucapkan Selamat datang kepada Komandan KRI Karotang - 872 Mayor Laut (P) Andromeda Windra Ciptadi M.A. beserta seluruh Perwira dan ABK. " Selamat bergabung bersama kekuatan unsur Lantamal I, Saya berharap KRI Karotang - 872 dapat melaksanakan tugas sesuai dengan namanya, kapal ini akan menjadi Pengawal Samudera yang tangguh, dengan kemampuan prajurit yang gesit dan terampil dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai penjaga kedaulatan serta penegak hukum dilaut," pungkasnya.

Hadir juga dalam acara penyambutan tersebut WS. Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Sunar Solahudin, S.H., Kadis/Kasatker dan Ketua Korcab I DJA I beserta Jalasenastri (istri) dari prajurit ABK KRI Karotang - 872.(surya atm)

Berita Lainnya

Index