80 Pekerja Migran Ilegal Dari Malaysia Ditangkap Patroli TNI AL di Pulau Jemur Tanjung Balai Asahan

80 Pekerja Migran Ilegal Dari Malaysia Ditangkap Patroli TNI AL di Pulau Jemur Tanjung Balai Asahan

BELAWAN,(PAB)--- TNI AL berhasil mendeteksi dan menangkap Kapal yang diduga membawa masuk pekerja migran ilegal yang berasal dari Malaysia sebanyak 80 orang dewasa terdiri perempuan dan pria serta 5 orang anak dibawah umur di sebelah barat Pulau Jemur Tanjung Balai Asahan Sabtu, (13/03/2021).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory menjelaskan bahwa Lanal Tanjungbalai Asahan dan Satgas Sembilang 21H dari Mabesal terpadu dengan Satpolair Polda Sumut dan Polres Asahan berhasil mengamankan KM Sinar Utama serta 3 ABK Kapal yang membawa penumpang diduga pekerja migran ilegal Indonesia yang pulang dari Malaysia. Kapal tersebut ditangkap di perairan Pulau Jemur oleh Patroli Keamanan Laut Lanal Tanjungbalai Asahan. Penangkapan ini kemudian dilaporkan kepada Danlantamal I Belawan, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dan secara berjenjang hingga ke Kepala Staf Angkatan Laut, jelas Robinson.

Panglima Koarmada I, Laksda TNI Abdul Rasyid K, SE., MM. di Jakarta menjelaskan bahwa Prajurit Koarmada I selalu waspada terhadap kegiatan ilegal yang berada di wilayah kerjanya, Pangkoarmada I memberikan apresiasi kepada petugas di lapangan yang tidak kenal menyerah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya walaupun dimasa wabah Pandemi Covid-19 ini.

Kemudian lanjutnya, Pangkoarmada I juga menjelaskan bahwa Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono SE,. M.M. memerintahkan jajarannya di TNI AL untuk memberantas semua kegiatan ilegal dari, ke atau di Laut dengan memegang komitmen tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Setelah kapal tersebut tiba di Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan, semua pekerja migran ilegal dan ABK Kapal tersebut kemudian akan diperiksa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, selanjutnya pekerja migran tersebut akan diserahkan ke instansi Imigrasi setempat dengan pengawalan Pomal Lanal TBA serta Polresta Tanjungbalai, sedangkan Nahkoda, ABK serta Kapal akan diproses lebih lanjut oleh Lanal Tanjungbalai Asahan, demikian keterangan dari Komandan Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan Letkol Laut (P) Robinson Hendrik E.
(Dispen Lantamal I)

Editor : surya atm

Berita Lainnya

Index