Kantor Wilayah I UPT Pengelolaan Perhubungan Lakukan Goro

Kantor Wilayah I UPT Pengelolaan Perhubungan Lakukan Goro

DUMAI (PAB)  --

Dikarenakan Pandemi Covid-19 saat ini, semua orang dan instansi diwajibkan melakukan Protokol Kesehatan Anti Covid-19.

Yaitu pakai masker, cek suhu tubuh, cuci tangan dan jaga jarak.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Baik lingkungan rumah, tempat kerja maupun lingkungan publik.

Salah satu instansi yang peduli dengan kebersihan lingkungan adalah kantor Wilayah I UPT Pengelolaan Perhubungan, yang berkedudukan di lingkungan pelabuhan Bandar Sri Junjungan, Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat kota Dumai.

Mengerti bahwa lokasi kerja juga merupakan lingkungan publik, tempat orang-orang melakukan transit antar pulau, kabupaten dan provinsi, Kamis pagi (04/02/2021) para pegawai Wilayah I UPT Pengelolaan Perhubungan melakukan gotong-royong (Goro) bersama.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 11.00 WIB, dua (2) lokasi dermaga Roro pelabuhan yang jadi wilayah kerja, yaitu Bandar Sri Junjungan dan pelabuhan Batu Panjang di pulau Rupat, jadi tempat para pegawai melakukan aktivitas goro.

Jalur lintasan kendaraan dermaga pelabuhan Bandar Sri Junjungan sepanjang ±400 m di bersihkan para pegawai, di pimpin langsung Kasie Ops Wilayah I UPT Pengelolaan Perhubungan Alchoiri Syahwali S.STP.

Menggunakan sapu ruangan, sapu lidi, sendok sampah dan garpu sampah Alchoiri Cs bersemangat giat kebersihan.

Sampah plastik, kertas, kaca, kaleng, dedaunan dan rumput di kumpul dalam tong plastik drum biru yang di potong setengah, selanjutnya di bawa ke tempat pembakaran.

Parit kecil yang berada di kiri-kanan lintasan kendaraan dan tangga batu lintasan penumpang di bersihkan, tanpa sedikitpun meninggalkan sampah.

"Kota Dumai merupakan gerbang bagi setiap orang yang bertransit.  Jadi tingkat kebersihan dermaga dan pelabuhan merupakan nilai utama orang-orang yang melewatinya. Semakin bersih dermaga, maka semakin baik lah orang menilai kota Dumai", imbuh pria berdarah Minang ini.

"Faktor kebersihan juga menentukan kualitas hidup kita. Ajaran agama pun sudah menjelaskan, bahwa Kebersihan Merupakan Sebahagian Dari Iman", tutur Alchoiri Syahwali, S.STP pada jurnalis RADARJAKARTA.NET di sela giat Goro.

Alchoiri Syahwali juga menerangkan, selain menghasilkan lingkungan yang bersih, giat Goro bisa jadi kegiatan yang menyehatkan.

"Matahari pagi dan gerakan badan pada saat giat Goro, bisa menyehatkan", sambung Al, biasa Alchoiri Syahwali disapa sesama rekan kerja.

Giat yang sama juga di lakukan di dermaga pelabuhan Batu Panjang Pulau Rupat.

Lintasan kendaraan sepanjang ±300 m dermaga Roro, juga tidak lupa di bersihkan.

Dalam giat Goro tersebut, kepada setiap personil yang terlibat di tekankan oleh Alchoiri menerapkan Protokol Kesehatan Anti Covid-19.

Pakai masker, cek suhu tubuh, cuci tangan dan jaga jarak, bahkan hingga memakai sarung tangan kerja.

 

(Eli

Berita Lainnya

Index