BAZNAS dan Stakeholder Kabupaten Langkat Tanam Ribuan Bibit Pohon

BAZNAS dan Stakeholder Kabupaten Langkat Tanam Ribuan Bibit Pohon

MEDAN,(PAB)----

Seiring meningkatnya pemanasan global dan kasus tanah longsor yang kian terjadi di Indonesia hingga saat ini, BAZNAS melalui program Zakat Community Development (ZCD) bersama para stakeholder Kabupaten Langkat melaksanakan aksi penanaman pohon di Desa Secanggang, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara pada Selasa (19/01/2021). 

Kegiatan pelestarian lingkungan hidup dan alam ini dihadiri Koordinator lapangan ZCD BAZNAS RI, Jasmadi bersama M. Nuh, Sahabat ZCD, dan para anggota kelompok mustahik sebagai pihak pelaksana. 

Turut hadir Camat Secanggang yang diwakili Sekretaris Camat, Agung Tritantyo,   Kepala Desa Secanggang, Nasrul Azman, Kepala Desa Pantai Gading, Hariyanto, Babinsa Koramil 08 Desa Secanggang, Edi Komari, BPD Secanggang, Usman dan seluruh Kepala Dusun Desa Secanggang.

Koordinator lapangan ZCD BAZNAS RI, Jasmadi mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata BAZNAS dalam menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya di titik implementasi program.

"Melestarikan pohon sangatlah penting, hal itu bisa kita mulai dengan menanam pohon dan merawatnya. Gerakan kecil ini akan memperoleh manfaat yang besar untuk anak cucu kita nanti dimasa mendatang" tutur Jasmadi

Sebanyak 3000 bibit pohon yang didapatkan langsung dari Balai Persemaian KLHK Balai Pengelolaan DAS Wampu Sei Ular, Pancur Batu Sumut ditanam dan diberikan secara simbolis kepada mustahik oleh Koordinator Lapangan ZCD.

Adapun bibit-bibit tersebut diantaranya bibit durian sebanyak 1000 batang, manggis 1000 batang, sirsak 500 batang, jengkol 250 batang, dan pete 250 batang. Karena jarak antara Desa Secanggang ke balai Pertanian cukup jauh, maka pengambilan bibit tersebut menggunakan mobil pickup yang didanai oleh pihak Desa Secanggang.

BAZNAS berharap dengan adanya sinergi bersama stakeholder seperti ini, dapat membentuk ikatan silaturahmi yang kuat dalam pembangunan desa dan juga kelestarian lingkungan, imbuh Jumadi.(BA)

Berita Lainnya

Index