Panglima TNI : TNI Ikut Aktif Siapkan SDM Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Panglima TNI :  TNI Ikut Aktif Siapkan SDM Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

JAKARTA, (PAB)---

Program Vaksinasi Covid-19 ini adalah program nasional. Oleh karena itu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) ikut berperan aktif dalam menyiapkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan Training of Trainer pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

 

Hal tersebut disampikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., saat membuka acara Training Of Trainer (TOT) pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di lingkungan TNI, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (17/12/2020).

 

Panglima TNI berharap melalui TOT ini tercapai pengetahuan dan keterampilan peserta yang ditunjuk untuk menjadi pelaksana Vaksinasi Covid-19 di lingkungan TNI. Dengan demikian, fasilitas kesehatan di jajaran TNI akan siap untuk melaksanakan Vaksinasi Covid-19 dan mampu mendukung program pemerintah dalam mengendalikan pandemi.

 

“Vaksinasi merupakan salah satu upaya dalam mencegah penyakit berbahaya. Vaksin membentuk kekebalan tubuh dengan cepat dan efektif. Sejarah mencatat besarnya peranan vaksinasi dalam menyelamatkan masyarakat dunia dari penderitaan, kecacatan bahkan kematian akibat penyakit-penyakit berbahaya,” jelasnya.

 

Panglima TNI juga mengatakan bahwa sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan, maka pada tahap awal, Vaksinasi Covid-19 diberikan kepada tenaga kesehatan yang bekerja langsung menangani pasien-pasien Covid-19 di fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan. Tahap berikutnya vaksin akan diberikan kepada petugas pendisiplinan protokol kesehatan, termasuk TNI-Polri dan petugas pelayanan lainnya.

 

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, demi tercapainya keberhasilan  dari Vaksinasi Covid-19 ini, dibutuhkan dukungan seluruh pihak yang juga meliputi penyediaan SDM untuk melaksanakan pelayanan vaksinasi Covid-19.  “Selain itu juga diperlukan penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mulai dari penyimpanan, pengamanan, pendistribusian ke setiap fasilitas kesehatan, serta kesiapan fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutupnya.

 

Dalam kegiatan TOT pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di lingkungan TNI, para peserta Tenaga Kesehatan TNI berasal dari Puskes TNI, Puskesad, Diskesal, Diskesau dan juga mitra TNI yang berjumlah 845 orang.  45 orang Tenaga Kesehatan di wilayah Jakarta dan sekitarnya mengikuti TOT secara langsung di Mabes TNI, sedangkan 800 personel TNI lainnya mengikuti secara virtual di seluruh wilayah Indonesia.

 

Pelaksanaan TOT bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dan teknis tentang imunisasi Covid-19 bagi personel kesehatan TNI. Diharapkan  dengan pelaksanaan TOT dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilam tenaga kesehatan yang ditunjuk untuk menjadi pelaksana Vaksinasi Covid-19 di lingkungan TNI.**

Berita Lainnya

Index