Adios ATB,Selamat Datang Moya Indonesia

Adios  ATB,Selamat Datang Moya Indonesia
Ilustrasi

BATAM ( PAB ) -

ATB resmi mengakhiri,Pelayanan air bersih dan tidak lagi dikelola oleh perusahaan jasa pengelolaan air bersih di Indonesia itu. ATB telah memberikan pelayanan air bersih terbaik selama 25 tahun. Namun setelah berakhir, sejumlah keunggulan dan pelayanan yang selama ini diberikan ATB otomatis juga akan berhenti.

 


 
Salah satu pelayanan yang berhenti pasca berakhirnya konsesi dengan ATB adalah pelayanan air bersih ke wilayah Hinterland.Kendati wilayah kerja ATB hanya dibatasi untuk pulau Batam, namun perusahaan juga turut mendistribusikan air bersih ke sejumlah pulau di luar Batam.
 
ATB sendiri telah dipercaya untuk melayani kebutuhan air bersih di Pulau Batam sejak tahun 1995. Sebenarnya,perusahaan hanya diizinkan beroperasi di pulau utama (main land). Namun,dalam perkembangannya kebutuhan air bersih di sejumlah pulau juga mendesak untuk diperhatikan karena kebutuhan. 
 
Dan untuk menjawab kebutuhan tersebut, ATB merumuskan sebuah program. Perusahaan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Batam untuk menyalurkan kebutuhan air bersih ke pulayu-pulau sekitarnya.
 
Akhirnya ATB menyediakan 2 meter induk,Diantaranya terletak di Kampung Tua Tiangwangkang yang melayani sekitar 430 sambungan di Pulau Akar, Pulau Lance dan Pulau Panjang. Sementara meter induk lainnya ada di Pelabuhan Sagulung dan melayani 546 sambungan di Pulau Buluh.
 
Namun,kerjasama penyaluran air bersih ke wilayah hinterland tersebut harus berakhir seiring dengan habisnya kontrak konsesi ATB dengan BP Batam,secara otomatis ATB tidak bisa lagi melanjutkan program tersebut.
 
“Kami memohon maaf, karena tidak bisa lagi melayani kebutuhan air bersih di pulau-pulau sekitar Batam,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.
 
Selain distribusi air bersih ke hinterland, kerjasama pengelolaan kios air yang melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang tinggal di lahan tanpa legalitas. Setidaknya 85 kios air yang melayani 50 ribu warga akan berhenti beroperasi pada 15 November mendatang.

Di tempat terpisah Badan Pengusahaan (BP) Batam dan PT ATB resmi mengakhiri kerja sama konsesi SPAM selama 25 tahun. Ini ditandai dengan penandatanganan pengakhiran serta penyerahan aset senilai hampir Rp 2 triliun, Jumat (13/11/2020) pagi.

Sekretaris ATB, Maria Jacobus mengucapkan terimakasih dan meminta agar kedepannya pelayanan SPAM oleh BP Batam bersama operator baru bisa berjalan maksimal.

Dengan berakhirnya kontrak tersebut kini BP Batam menyerahkan pengelolaan air kepada,PT Moya Indonesia dalam bentuk Operasional dan Pemeliharaan (O&M) efektif 15 November 2020 pukul 00.00 WIB.

Deputi VI Kemenko Perekonomian RI, Wahyu Utomo mengatakan adanya pengalihan operator air bersih ini, jangan sampai mengganggu Batam yang merupakan lokomotif investasi nasional.

Kabiro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan komitmen utama SPAM Batam ini adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga kota Batam mulai tanggal 15 November 2020.

“Semua persiapan menjelang berakhirnya masa transisi yang dilakukan oleh Moya Indonesia telah mencapai tahapan hampir rampung,” sebut Dendi dalam keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020).

Berikut progess aktivitas menjelang masa transisi yang dirilis BP Batam:

• Proses hand over akan dilakukan tanggal 13 November 2020, yang akan efektif dioperasikan mulai tanggal 15 November 2020.

• SPAM Batam di bawah tanggung jawab BP Batam yang dioperasikan oleh PT Moya Indonesia tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Batam mulai tanggal 15 November 2020

• Masing-masing bidang masih terus mempersiapkan, Progress rata2 sudah mencapai 99%

• Produksi (meliputi orientasi dan penempatan operator sesuai jadwal)

• Distribusi termasuk NRW (meliputi review capex, pemetaan jaringan distribusi, pengadaan logger jaringan, persiapan operasi GIS dan SCADA, pengenalan logger DMZ)

• Customer Management (meliputi persiapan pencatatan meter, finalisasi kontrak House Connection, persiapan server, persiapan kantor layanan dll)

• Human Capital dan General Services (meliputi penugasan karyawan, persiapan kantor layanan, persiapan infrastruktur, persiapan pihak pendukung dll)

• Billing, Accounting dan Finance (persiapan mitra penerima pembayaran, pencatatan semua arus keuangan, penagihan rekening dll).

• Asset (melakukan pencatatan semua asset yang diterima dan semua investasi baru).

• Saat ini pelanggan tetap dapat menggunakan identitas pelanggan yang lama dan tidak mengalami perubahan.

• Persiapan aspek Tehnologi Informasi untuk mendukung operasi juga dimaksimalkan agar pelayanan dapat berjalan optimal.

• Efektif per tanggal 15 November 2020, layanan pelanggan 24 jam melalui Call Center 150155 siap melayani pertanyaan dan keluhan pelanggan didukung oleh layanan social media yang saling terintegerasi yaitu Instagram, Twitter, Facebook, Email, Website, Live chat.

• Pembayaran pelanggan tidak terganggu dan pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan di payment point yang telah ditunjuk. Saat ini masih ada beberapa payment point sedang proses penambahan lokasi. Payment point yang ditunjuk adalah:

Bank CIMB
Niaga
Gojek PPOB Koin PPOB NFT
Bank UOB GrabPay PPOB Bukopin Bank BPRKS
Bank Riau Kepri Shopee PPOB JPM PPOB BMS
Bank BTN Tokopedia PPOB
DEKAPE
PPOB MKM
Bank Bukopin Fastpay PPOB Imedia PPOB Tektaya
Indomaret Paytren PPOB MPE PPOB Griyabayar
Alfamaret BebasBayar PPOB SYB
Bukalapak Mybeb PPOB Redision
Lazada Paykaltimtara PPOB
JKPINDO
Blibli Bantenpay PPOB XLINK
Dana Jogjakita PPOB Ottopay
LinkAja Truemoney PPOB MST

• Pelayanan Kios Air sebanyak 85 sambungan berjalan secara optimal.

• BP Batam menyediakan 4 mobil tangki air yang siap melayani kebutuhan air pelanggan yang dikoordinasikan melalui Call Center

• Suplai air ke beberapa stress area dapat terlayani, yaitu Hang Kesturi Tj Uma, Sagulung Baru, Kavling Bahagia, Perum putra jaya dan puri pesona, Tanjung Uncang, Kavling Sagulung, Perum Taman Sari Hijau, Tiban kampong, Hang kesturi dan tanjung tritip, Tanjung Uma, Kampung Utama atas–Nagoya, Kampung Belimbing, Bengkong Permai-Bengkong.

Dendi juga mengatakan, Moya Indonesia melalui koordinasi dengan BP Batam dalam hal ini melakukan SPAM Batam berkomitmen penuh untuk memberikan hasil yang optimal.

“Hal itu dalam memberikan pelayanan suplai air dengan kualitas, kuantitas dan kontinuitas yang terukur selain kualitas pelayanan pelanggan yang berkualitas untuk mendukung pelayanan pelanggan yang maksimal, sehingga Rasio Cakupan Layanan masyarakat penerima manfaat akses air bersih akan bertambah dengan signifikan,” ucapnya.

BP Batam ditegaskannya berkomitmen melayani SPAM dengan sebaik-baiknya guna mengakomodir kebutuhan air bersih masyarakat Batam. BP Batam juga menempatkan masyarakat sebagai prioritas utama dalam pelayanan SPAM.

ek/pab

 

Berita Lainnya

Index