Bupati Asahan Hadiri Haul Ke - 19 Almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan Di Sei Kepayang

Bupati Asahan Hadiri Haul Ke - 19 Almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan Di Sei Kepayang

KISARAN, (PAB) -

Bupati Asahan H. Surya Bsc bersama Plh. Sekdakab Drs. H. Jhon Hardi Nasution, Syekh Abu Shohir Sitepu S.Pdi, Syekh Dr H Ahmad Rajagukguk, Camat dan Forkopimcam Kecamatan Sei Kepayang menghadiri Haul Ke - 19 Almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan sekaligus pameran sejarah peninggalannya, Sabtu (12/09/2020), bertempat di Dusun III Desa Sei Paham, Kecamatan Sei Kepayang.

Panitia pelaksana kegiatan Muhammad Taufik Hidayat mengucapkan terima kasih khususnya kepada masyarakat Desa Sei Paham yang telah memberikan bantuan baik tenaga maupun pikiran hingga kegiatan malam tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. Taufik juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan beserta seluruh undangan yang hadir memperingati Hari Ulang Tahun Ulama kharismatik kelahiran Desa Sei Tualang Pandau tersebut.

Sementara Syekh Abu Shohir Sitepu yang merupakan cucu dari Syekh H Mustafa BS Rokan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Haul ini adalah perdana dilakukan sejak almarhum meninggal dunia. Karena itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan H. Surya Bsc beserta seluruh masyarakat yang hadir dalam acara mengenang ulama yang diketahui menguasai 6 bahasa tersebut.


Saya berharap kedepannya acara ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya, ujarSyekh Abu Shohir Sitepu sembari menceritakan sejarah Almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan dan kemudian setelah itu menyematkan rompi kehormatan Rumah Suluk Al - Baitul Khalil kepada Bupati Asahan.

Sementara Bupati Asahan H. Surya BSc dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada masyarakat serta seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Haul Syekh H. Mustafa BS Rokan. 

Saya amat mengapresiasi kepedulian dan penghormatan yang diberikan masyarakat kepada alim ulama yang berjasa bagi pengembangan nilai keagamaan khususnya di Kabupaten Asahan ini, ujar Bupati. 

Terkait keberadaan benda sejarah peninggalan almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan, Surya berharap hal itu dapat terus dijaga kelestariannya karena peninggalan tersebut merupakan situs sejarah yang harus dilestarikan agar dapat menjadi bahan pelajaran bagi generasi yang akan datang.

Dalam kesempatan tersebut H. Surya Bsc selaku Bupati Asahan terlihat memberikan bantuan kepada panitia pelaksana Haul Syekh H. Mustafa BS Rokan  dan berharap kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahunnya.

Kemudian acara diisi dengan tausiah agama yang disampaikan oleh Syekh Dr. H. Ahmad Rajagukguk dari Kabupaten Simalungun serta ditutup dengan doa bersama dan ziarah ke makam Syekh H. Mustafa BS Rokan dan meninjau pameran peninggalan.(pur)

Berita Lainnya

Index