Antara Sivil dan Militer: Gatot Berpotensi Jadi Wakil Jokowi

Antara Sivil dan Militer: Gatot Berpotensi Jadi Wakil Jokowi

Jakarta, (PAB)---

Sejumlah pakar politik di tanah air menyebutkan, Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo berpeluang besar menjadi calon wakil presiden, yang bisa mendampingi Joko Widodo, dalam pemilihan presiden 2019.

Para pengamat menyebutkan,  sosok wakil presiden yang dipilih Jokowi nanti sangat menentukan kemenangannya. Dibandingkan yang lain, nama Gatot lebih pas.

Nama Gatot pun dianggap tepat karena elektabilitasnya termasuk tinggi. Selain itu,  para pemilih Gatot berasal dari kantong suara yang sama sekali berbeda dengan basis pemilih Jokowi.

Beberapa waktu lalu, sjulmah lembaga survei  juga menyebutkan bahwa kandidat wakil presiden untuk Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Hasilnya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dianggap sebagai figur yang pantas mendampingi Jokowi.

Mantan Ketua DPR Setya Novanto mengusulkan agar bekas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjadi calon wakil presiden (cawepres) mendampingi Presiden Joko Widodo yang sudah diajukan PDI-Perjuangan sebagai calon presiden pada pemilu 2019.

"Memang situasi sekarang masih belum kelihatan tapi Pak Jokowi tentu akan melihat hal-hal yang mendasar, salah satunya Pak Gatot juga bagus," kata Setya Novanto sebleum menjalani sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin.

Setnov adalah terdakwa kasus dugaan tipikor pengadan KTP-Elektronik yang merugikan keuangan negara senilai Rp2,3 triliun. Setya Novanto juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar.

"Karena (Pak Gatot) bisa bekerja sama baik antara sipil dan militer dan saatnya (maju), selain itu Pak Gatot juga bersih, salah satunya loh ya," ungkap Setnov.

Pada 23 Februari 2018, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan di Denpasar, Bali mengumumkan pencalonan Joko Widodo sebagai capres PDI Perjuangan dan meminta semua kader PDI Perjuangan siap memenangkan Jokowi dalam Pilpres 2019 dengan semua tenaga dan sumber daya.

Lantas apa komentar Gatot Nurmantyo ? Dirinya pun  mengaku siap terhadap setiap tugas lanjutan pasca tidak lagi menjabat.

"Yang jelas saya sebagai prajurit, nilai-nilai juang saya tidak akan pernah luntur dan tidak pernah turun. Apa pun yang diperlukan negara ini, saya siap," kata Gatot  beberapa waktu lalu.

Nama Gatot Nurmantyo muncul dalam sejumlah survei politik seperti survei oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Centre for Strategic and International Studies (CSIS) hingga Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) baik sebagai bakal calon presiden maupun wakil presiden. (rdk)

 

 

Berita Lainnya

Index