LSM Peureugam Akan Kembangkan Sayap Bentuk DPC di Lima Kecamatan

Senin, 20 Juli 2020 | 14:33:30 WIB

LANGSA,(PAB)---

Ketua DPP LSM Peureugam Martinus mengatakan, "untuk merealisasikan tujuan didirikannya Lembaga Swadaya Masyarakat Persatuan Rakyat Gampong (LSM Peureugam) dan untuk menjalankan roda organisasi maka dalam hal ini dipandang perlu membentuk Pimpinan Cabang di Kecamatan seperti yang dilakukan untuk Kecamatan Langsa Lama.


Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menurutnya adalah sebuah organisasi yang didirikan baik itu secara perorangan maupun secara kelompok dimana organisasi tersebut tidak berorientasi pada hasil atau laba melainkan karena adanya tujuan tertentu di dalam masyarakat.


Demikian Ketua DPP Lembaga Swadaya Masyarakat Persatuan Rakyat Gampong (LSM PEUREUGAM) Martinus saat melantik sekaligus melakukan pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa yang dilaksanakan Sabtu minggu lalu dikediaman Ziko kepada media ini.


Dijelaskannya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan pengembangan dari sebuah  organisasi non pemerintah (Omop) atau sebutan lain adalah non Government Organization (NGO), adapun tujuannya adalah untuk membantu kinerja Pemerintah dan bahkan lebih dari itu yakni ikut mengawasi jalannya pemerintahan dari pemerintahan terkecil desa sampai kepada Pemerintahan di Kabupaten/Kota hal ini penting agar tidak terjadi penyebab timbulnya penyalah gunaan wewenang, pungkasnya.


Sementara itu mantan mukim Langsa Baroh Ayub yang akrab disapa Geuchik Ayub kepada media ini mengatakan, kepada Ketua DPC LSM Peureugam Kec.Langsa Lama yang baru dilantik diri berharap apapun yang dilakukan nantinya oleh Lembaga kiranya dapat menguntungkan masyarakat, oleh karena itu bekerjalah sesuai norma-norma dan etika serta perundang-undangan yang berlaku dinegara kita, mari ciptakan perubahan karena perubahan tidak akan datang sendirinya jika kita tidak merubahnya, Allah tidak akan merubah suatu kaum sehingga kaum itu merubahnya, ujar Geuchik Ayub seraya mengatakan bangunlah komunikasi diibaratkan sebuah pohon tumbuh dari akar berdaun didahan dan berbuah diranting, imbuhnya.


Sementara itu Ketua DPC LSM PEUREUGAM Kec.Langsa Lama Adi Sumanto melalui seketarisnya Budi mengatakan, "tujuan bergabung dan mendirikan lembaga LSM Peureugam Kec.Langsa Lama sesuai dengan Visi nya adalah untuk menjadikan lembaga sebagai tindakan, jembatan bagi warga masyarakat dalam memajukan daerah yang menyangkut kedalam aspek pembangunan dan ekonomi mikro.


Sementara Misi dari LSM Peureugam Kec.Langsa Lama ini yang pertama adalah, mengaktifkan fungsi kelompok masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemikiran dengan tujuan membangun desa atau gampong. Kedua, mengaktifkan kelompok masyarakat dalam perubahan ekonomi mikro. Ketiga, melaksanakan monitoring pelaksanaan pemerintahan desa dalam adat jujur, adil, dan transparansif. Ke-empat, diharapkan bisa menjadi mitra dalam pembangunan desa dan kemajuan manusianya. Yang kelima misi dari LSM Peureugam DPC Kec.Langsa Lama adalah menjadikan lembaganya untuk mengedukasikan masyarakat, demikian Ketua LSM Peureugam Kec.Langsa Lama. (Boy)


  

Terkini