Tonton Blak blakan Menkumham, 2 Napi Kakap Ancam Yasonna

Jumat, 03 Agustus 2018 | 15:44:39 WIB
Menteri hukum dan ham Yasonna Laoly. (Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom)

BANDUNG,(PAB)----

Penjara rupanya belum sepenuhnya membuat seorang terpidana jera dan berhenti melakukan pelanggaran hukum. Menteri Hukum dan Hak Asasi ManusiaYasonna Hamonangan Laoly mengaku mendapat ancaman dari dua orang narapidana yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung.

Yasonna Laoly tak menyebut siapa kedua narapidana dimaksud. Tapi yang pasti ancaman itu muncul terkait dengan upaya dia bersama para stafnya membenahi berbagai penyimpangan yang terjadi di sana. Seperti diketahui, pada dua pekan lalu Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husein ditangkap KPK. 
Dari hasil sidak Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Utami kemudian patut diduga dua narapidana yakni Setya Novanto dan M. Nazarudin menempati sel palsu untuk mengelabui petugas dan masyarakat. Yasonna pun bertindak. Selain mencopot Wahid Husein, dia juga mencopot atau memutasikan para staf di bawahnya.

Untuk memeriksa kemungkinan masih adanya pelanggaran, Yasonna juga menerjunkan Inspektur Jenderal Kemenkumham ke Sukamiskin. Namun rupanya semua langkah itu mendapat perlawanan. "Ya jujur saja ada yang ancam saya kok. Tapi saya tak akan mundur, bila mereka nekad saya tentu akan membuat perhitungan," kata Yasonna saat Blak blakan dengan detikcom.

Siapa yang mengancam?

"Ya dari dua orang lah pokoknya. Saya bilang, saya bukan orang yang bisa diancam-ancam," politikus PDIP itu berkeras tak mau menyebut para pihak yang mengancamnya. 
 

Selain soal Sukamiskin, dia juga memaparkan sejumlah ironi yang terjadi di lingkungan lapas di seluruh daerah. Misalnya saja lapas narkoba yang lebih banyak dihuni oleh para bandar dan pengedar ketimbang pemakai. "Ini aneh," tegasnya.

Lantas, setujukah dia agar para koruptor dikirimkan ke penjara Nusakambangan atau penjara khusus di pulau terpencil? Apa solusinya guna mengatasi ketimpangan antara jumlah napi dan kapas penjara yang ada? Seperti apa pula bentuk ancaman yang diterima Yasonna seperti diungkapkanya tadi? Saksikan Blak blakan detikcom yang akan tayang hari ini, Jumat 3 Agustus 2018 pukul 14.00 WIB.(detik)

Terkini