Sat Binmas Polres Dumai Laksanakan Kegiatan Cooling System Suluh atau Edukasi Kamtibmas

Kamis, 19 September 2024 | 11:20:51 WIB

DUMAI,(PAB) ----


Sat Binmas Polres Dumai melaksanakan kegiatan Cooling System Suluh atau Edukasi Kamtibmas di Ruangan Rapat Kantor LAM Dumai, Jl. Putri Tuju, Kel. Teluk Binjai, Kec. Dumai Timur, (17/9).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat serta mendukung keberhasilan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 yang digelar oleh Polres Dumai.

Acara dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Ketua DPH LAM Kota Dumai, Datuk Zamhur Egap, Kasat Binmas Polres Dumai, AKP Jamaluddin, Sekjen LAM, Datuk Januarizal, pengurus LAM Kota Dumai, dan Ps. Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Dumai, Aiptu Arifin. Kegiatan ini juga melibatkan diskusi yang mendalam dengan tokoh adat mengenai situasi dan isu-isu yang berkembang di Kota Dumai.

Dalam kesempatan ini, AKP Jamaluddin menyampaikan pentingnya partisipasi aktif Pengurus LAM Kota Dumai dalam mewujudkan Pemilu Damai 2024.

"Kami mengajak semua elemen masyarakat, khususnya Pengurus LAM Kota Dumai, untuk menggunakan hak pilih pada 27 November 2024 mendatang dengan bijak. Golput bukanlah solusi," ujar AKP Jamaluddin.

Ia juga menekankan peran penting pengurus LAM dalam menyebarluaskan informasi yang benar kepada masyarakat.

"Kami meminta semua pengurus dan perangkat LAM Kota Dumai untuk bersama-sama menyampaikan pesan kepada keluarga dan masyarakat agar lebih bijak dalam bersosial media dan tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong, ujaran kebencian, serta isu SARA. Selain itu, kita harus menolak segala bentuk politik uang atau money politic," tambahnya.

Kegiatan Cooling System ini juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya berita hoaks yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. AKP Jamaluddin menegaskan, Berita bohong bisa menimbulkan kerusakan yang lebih besar daripada yang kita bayangkan. Oleh karena itu, seluruh pihak harus berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi.

Diskusi juga mencakup berbagai upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2024. AKP Jamaluddin berharap kegiatan ini dapat memperkuat sinergi antara Polres Dumai dan LAM Kota Dumai dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara pihak kepolisian dan tokoh adat.

"Kami berharap dengan adanya komunikasi dan kolaborasi ini, kita dapat menciptakan suasana yang kondusif menjelang pemilihan umum," ujar AKP Jamaluddin.

Melalui kegiatan ini, Sat Binmas Polres Dumai berharap dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam menciptakan suasana yang damai dan kondusif," pungkas AKP Jamaluddin.

Eli

Terkini