BTN Mulai Implementasikan Transformasi Human Capital Berbasis Cloud

Senin, 29 April 2024 | 12:31:10 WIB

JAKARTA,(PAB)----- 

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) telah menegaskan komitmen kuatnya untuk menjadi "One of Home of Indonesia's Best Talent" dengan menggulirkan transformasi human capital melalui penerapan teknologi Human Capital berbasis cloud. Salah satunya dengan meluncurkan sistem BTN Best untuk pengelolaan human capital yang lebih progresif dan terintegrasi.


Pada era di mana keberhasilan perusahaan ditentukan oleh tersedianya Top Talent yang berbakat dan kompeten, BTN memahami pentingnya investasi dalam pengembangan sumber daya manusia untuk mempertahankan posisinya sebagai salah satu institusi keuangan terkemuka di Indonesia.

“Misi BTN untuk menjadi One of Home of Indonesia’s Best Talent bukan hanya sekadar ambisi, tetapi juga merupakan manifestasi dari komitmen BTN untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan memahami bahwa keunggulan kompetitif tidak hanya bergantung pada faktor finansial semata, BTN melihat perlunya transformasi dalam manajemen sumber daya manusia sebagai kunci kesuksesan,” ujar Direktur Human Capital, Compliance & Legal BTN, Eko Waluyo di Jakarta, Minggu (7/4/24).

Dia mengatakan untuk mencapai visi menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia tahun 2025, Human Capital memiliki beberapa prioritas capaian yang harus direalisasikan. Prioritas pertama, yakni mengembangkan konsep bahwa BTN adalah tempat yang nyaman bagi para talenta terbaik. Kedua, pengembangan kapabilitas dan produktivitas. Terakhir, pengembangan Data Analytic dilingkup pengelolaan Human Capital sebagai Decision Support System.

Pada puncak ulang tahun BTN tanggal 3 Maret 2024 yang lalu, BTN telah meluncurkan BTN Best sebagai barometer pengembangan teknologi pengelolaan Human Capital yang lebih progresif dan terintegrasi pada seluruh Human Capital Cycle mulai dari recruitment hingga retirement yang sekaligus telah selaras dengan roadmap Human Capital BTN untukmemperkuat data analitis dilingkup pengelolaan Human Capital.

Direktur IT BTN, Andi Nirwoto mengungkapkan Bahwa untuk mendukung pencapaian misi HC, perseroan mengimplementasikan Human Capital Information System yang terintegrasi untuk mendukung operasional excellence, pengambilan keputusan berbasis data, serta menyediakan seamless employee experience melalui Cloud HR Technology yang memberikan real time availability dan high performance.

Implementasi Human Capital Information System (HCIS) berbasis Cloud menjadi langkah strategis bagi BTN dalam mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia dengan memanfaatkan teknologi terbaru. “Dengan adopsi teknologi berbasis Cloud, BTN telah berhasil meningkatkan efisiensi dalam proses administrasi sumber daya manusia serta mampu membuat keputusan berbasis data yang lebih baik,” tambah Andi.

Melalui tahapan implementasi yang terencana dengan matang, BTN telah memprioritaskan berbagai fitur penting dalam HCIS, mulai dari Core HR dan Payroll hingga Recruitment & Onboarding, Talent Management, Performance and Goals, serta People Analytics Dasar. Langkah-langkah ini menegaskan komitmen BTN untuk merekrut, mengintegrasikan, mengembangkan, dan mempertahankan bakat terbaik melalui manajemen kinerja yang efektif.

Dengan demikian, BTN bukan hanya akan menjadi pilihan utama bagi para profesional di Indonesia, tetapi juga akan menjadi tempat di mana bakat-bakat terbaik dapat berkembang dan memberikan kontribusi maksimal bagi kesuksesan perusahaan dan bangsa Indonesia pada umumnya. (Rat)

Terkini