H. Surya Bsc Kunjungi Laboratorium PT. Hijau Surya Kembangkan Bibit Pisang

H. Surya Bsc Kunjungi Laboratorium PT. Hijau Surya Kembangkan Bibit Pisang

KISARAN,(PAB) -

Bupati Asahan H. Surya Bsc didampingi sejumlah OPD terkait  meninjau pengembang biakan pisang lewat kultur jaringan pada laboratorium PT. Hijau Surya yang terletak di Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Sabtu (15/08/2020).

Dalam kunjungan tersebut Bupati berharap laboratorium kultur jaringan yang dikembangkan oleh PT. Hijau Surya itu dapat memproduksi bibit pisang komersial secara global dan juga untuk masyarakat petani di Kabupaten Asahan.

Menurut informasi yang kita dapat, kata H. Surya Bsc, laboratorium ini merupakan yang pertama di Kabupaten Asahan dan terbesar di Sumatera Utara. Diharapkan Laboratorium ini mendukung upaya kecukupan benih pisang komersial di Kabupaten Asahan bahkan untuk seluruh indonesia dan juga bisa mengekspor ke luar negeril, ujar Bupati Asahan itu.

Kemudian Bupati juga menginstruksikan kepada Dinas pertanian Kabupaten Asahan  untuk segera melakukan pendataan kebutuhan bibit pisang di Kabupaten Asahan untuk selanjutnya melakukan kerjasama dengan PT. Hijau Surya dalam memenuhinya. Semoga kedepan Kabupaten Asahan dapat menjadi salah satu daerah penghasil pisang barangan merah dan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat, tandas Surya.

Sementara pimpinan PT. Hijau Surya Irwansyah Tjong kepada wartawan menjelaskan bahwa laboratorium PT. Hijau Surya saat ini tengah mengembangbiakkan dua jenis pisang melalui kultur jaringan yaitu pisang ameh pasaman dan pisang barangan merah.

Dikatakannya, kedua jenis pisang yang tengah dikembangbiakkan PT. Hijau Surya tersebut merupakan sebuah harapan untuk menjadi sumber benih pisang komersil di Kabupaten Asahan bahkan luar Kabupaten Asahan.

Irwansyah juga menjelaskan proses pengembangbiakan pisang lewat kultur jaringan tersebut dimulai sejak tahun 2018 lalu dan ditargetkan pada tahun 2020 bisa menghasilkan 10 ribu tunas sampai  20 ribu tunas bibit pisang untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat bukan hanya di wilayah Kabupaten Asahan tapi juga hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Kemudian pimpinan PT. Hijau Surya ini menjelaskan bahwa satu pohon pisang barangan merah rata - rata bisa menghasilkan 20 Kg, dan dalam dua tahun bisa dilakukan tiga kali panen yaitu bulan ke 10, ke 15 dan bulan ke 20.

Bagi masyarakat Kabupaten Asahan  yang memiliki lahan dan berminat melakukan Budi daya pisang, PT. Hijau Surya siap untuk melakukan MoU dalam pengembangan pohon pisang sekaligus pendampingan dan siap menampung hasil panennya sebagai wujud kepedulian PT. Hijau Surya kepada masyarakat dimana perusahaan ini berdiri, tandas Irwansyah.(pur)

Berita Lainnya

Index