Rutan Kelas II A Batam,

Jelang HUT RI ke 75,Narapidana yang di Usulkan Remisi Total 796

Dibaca: 869 kali  Jumat,14 Agustus 2020 | 22:46:56 WIB
Jelang HUT RI ke 75,Narapidana yang di Usulkan Remisi Total 796
Ket Foto : Kalapas Kelas II A Batam Misbahuddin

BATAM ( PAB ) -

Seperti tahun tahun sebelumnya setiap menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Rutan Kelas II Batam juga tidak ketinggalan memberikan Program pengurangan kurungan, di hari yang di Sakralkan tersebut oleh seluruh Rakyat Indonesia pada umumnya.

Di Sempena Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI), Rumah Tahanan (Rutan) kelas II A Barelang Batam mengajukan usulan terhadap Napi di Rutan Kelas II Batam.

 

Pengajuan pemberian remisi tersebut tentunya mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan (PP 32/1999).


Juga pasal 1 angka 3 Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat (Permenkumham 3/2018).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Batam Misbahuddin,yang sebelumnya menjabat sebagai Kalapas Narkotika Tanjung Pinang, ketika di singgung adanya remisi tersebut mengatakan” Saat ini  usulan sudah kita sampaikan ke pusat cuma belum turun ke kitanya,”Jumat ( 14/82020 ).

Dari beberapa yang di usulkan itu berfariasi kasusnya, Warga binaan yang mendapatkan remisi sudah memenuhi persyaratan, berkelakuan baik dan tidak melakukan pelanggaran, serta sudah menjalani setengah dari masa tahanan," kata Misbahuddin.


Sementara Rekapitulasi jumlah Narapidana yang di usulkkan  resmi pada tahun 2020,untuk RU-1 ( Remisi Umum )biasa, jumlah total yang di usulkan 791 Narapidana,sementara pada RU-II ( setelah mendapat remisi lalu bebas ) ada 5 Narapidana,totalnya ada 796 Narapidana.

"Kita masih menunggu persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)," kata Misbahuddin,Saat ini penghuni Lapas kelas II A Batam totalnya ada 1.141 warga binaan,kapasitas isi 545 jadi sudah over,”ujarnya.Jumat ( 14/8/2020 )

 ( PAB/Koman )

 

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »