Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Ramil 15/Plkb Kodim 0104/Atim Turun Kesawah

Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Ramil 15/Plkb Kodim 0104/Atim Turun Kesawah

ACEH TIMUR,(PAB)---

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Peureulak Barat Kodim 0104/Aceh Timur, Serda Eko Pranoto melaksanakan pendampingan pertanian dengan membantu petani binaannya galeng atau membuat pematang sawah, yang bertempat di Gampong Beusa Baroh, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (04-08-2020).


Setelah proses galeng ini selesai, dalam waktu dekat akan dilanjutkan dengan menanam padi.


Disamping itu, kehadiran Babinsa yang memberikan pendampingan bertujuan agar proses penyiapan lahan yang sedang dikerjakan oleh Zulkifli seluas 8 (Delapan) rante dapat diselesaikan dengan cepat dan musim tanam dapat dimulai tepat pada waktu yang telah direncanakan, "kata Danramil 15/Plkb Kapten Inf Mashudi kepada awak media.


“Dalam waktu dekat bapak kusdi akan mulai menanam padi, sehingga hari ini saya turun langsung ke sawah untuk membantunya, ”ujarnya.


Nampak Babinsa sedang memperbaiki galengan sawah yang sebelumnya sudah mulai rusak. Ia bersama Zulkifli mengangkat lumpur dan meninggikan galengan sawah agar dapat menahan air sawah.


Sementara Serda Eko mengatakan saat di lokasi mengatakan bahwa, salah satu yang harus diperbaiki adalah galengan sawah. Ini merupakan hal yang utama sebelum dilakukan membajak sawah. Manfaatnya adalah untuk menjaga pasokan air yang masuk, ”jelas Babinsa.


Ia juga menghimbau kepada para petani agar cepat menggarap sawahnya dan memulai untuk menyiapkan lahan. Ia berharap tidak ada lahan pertanian yang terbengkalai.


“Saat ini sudah memasuki musim hujan dan persediaan air sudah mencukupi, kita ajak masyarakat semuanya turun ke sawah. Kita ingin semua lahan pertanian dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, guna mendukung program swasembada pangan ditengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, ”pungkasnya. (Boy)

Berita Lainnya

Index