Satu-Satunya di Indonesia Jalan Tol yang Memiliki Terowongan Gajah adalah Tol Permai

Satu-Satunya di Indonesia Jalan Tol yang Memiliki Terowongan Gajah adalah Tol Permai

RIAU(PAB) ---

Sejumlah Gajah Sumatera melintasi Sungai Tekuana dibawah terowongan gajah yang dibangun di seksi 2 Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) pada 10 Februari 2020.

Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) merupakan tol yang ramah lingkungan. Pasalnya, keberadaan Tol Permai tidak mengganggu habitat gajah yang sering melintas di kawasan tersebut.

Demikian diungkapkan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat melakukan peninjauan di Gerbang Tol Kota Dumai, Sabtu 4 Juli 2020.

"Keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai tak akan mengganggu habitat gajah yang ada di Riau, karena sudah ada terowongan gajah. Sehingga memberi ruang bagi gajah untuk melintasi kawasan tol Permai. Dan ini merupakan nomor dua didunia. Pertama di Indonesia, dan itu terdapat di Riau," paparnya.

Sebelum sampai ke gerbang Tol Dumai, mantan Bupati Kabupaten Siak dua periode itu sempat menyaksikan langsung beberapa ekor gajah liar yang berkeliaran di sekitaran tol Permai.

"Jalan tol kita ini punya rasa kasih sayang terhadap satwa. Tadi sempat kita saksikan gajah liar di kawasan tol. Saya rasa keberadaan Tol Permai tidak menggangu habitat gajah dan tentunya lingkungan dan habitat faunanya tetap terpelihara," puji Syamsuar.

Dia juga menambahkan, Tol Permai yang memberi ruang untuk habitat gajah dan fauna lainnya merupakan suatu prestasi yang dicapai oleh Pemerintah Provinsi .(Eli)

Berita Lainnya

Index