Hari Ke-6 di Jalan Arifin Ahmad RT 04 Kelurahan Pelintung

Polsek Medang Kampai Lakukan Pendinginan Titik Api

Polsek Medang Kampai Lakukan Pendinginan Titik Api

DUMAI,(PAB)---

Pendinginan lahan kebakaran di lakukan oleh Tim Gabungan Pemadaman kebakaran di beberapa titik api, di hari ke enam di Jalan  Arifin Ahmad RT 04 Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai.

 

Giat pendinginan dipimpin oleh Kapolsek Medang Kampai AKP Ade Rukmayadi S.H beserta  personil Polsek Medang Kampai, dengan beberapa titik lokasi yang di laksanakan pendinginan pada lahan yang terbakar. 

 

Adapun lokasi yang di lakukan pendinginan yakni di Jalan. Arifin Ahmad RT 04 Kelurahan. Pelintung, Kecamatan. Medang Kampai Kota Dumai,dengan luas lahan lebih kurang 5 Ha,kebun milik Akian warga Pekan Baru.

 

Dengan titik Koordinat:

N 1°35'2.3388" 

E 101°36'51.7572"

 

Lahan yang terbakar adalah lahan gambut yang di tanami pohon sawit.lahan gambut memang sangat rentan dengan kebakaran.lahan gambut yang terbakar memang sangat sulit pemadamannya,bisa jadi di atas sudah padam sementara di bawah masih mengandung panas atau bara api yang bisa memicu kebakaran kembali.

 

Maka dari itu cara pemadaman dilakukan dengan penyiraman dari atas lahan dan kemudian ditembakkan dengan air dari dalam juga,agar sisa kebakaran yang masih panas tidak menjalar ke lokasi lainnya atau kebakaran lagi,ujar kapolsek.

 

Adapun personil yang turun kelapangan antara lain,Personil dari Polsek Medang Kampai berjumlah Tujuh orang,utusan Regu pemadam Team Wilmar berjumlah empat orang,personil TNI dua Orang,personil BPBD lima orang,anggota kebun milik Akian dua Orang dan Anggota kebun Apeng empat orang.

 

Peralatan yang digunakan untuk melakukan pendinginan lahan terbakar menggunakan 1 unit mesin Robin milik Polsek Medang Kampai,2 Ministreaker Milik PT Wilmar Group,1 mesin Kohler milik PT Wilmar Group,1 unit mesin merk Sibahura Milik BPBD dan 1 mesin Air merk Sibahura milik BPBD.

 

Kendala yang di hadapi di lapangan oleh Tim pendinginan kebakaran,Akses jalan sangat sulit di lewati untuk menuju TKP,sumber air yang jauh dari TKP,dan kondisi alam dengan perubahan angin yang bertiup kencang dan sering berubah arah,terang kapolsek.

 

Kondisi terakhir setelah enam hari pelaksanaan pemadaman,api saat ini sudah mulai padam namun masih ada mengeluarkan asap tipis.

 

Upaya yang di lakukan Oleh Tim Gabungan pemadaman kebakaran lahan di wilayah kecamatan medang Kampai yakni,melakukan pendinginan sisa  kebakaran lahan,penyelidikan asal api dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk bersama melakukan pendinginan.Kegiatan pendinginan sampai saat ini masih berlangsung dan berakhir hari ini juga.(Eli)

 

Berita Lainnya

Index