Bocah 16 Tahun Menderita Hidrosefalus, Rifky Butuh Perhatian

Bocah 16 Tahun Menderita Hidrosefalus, Rifky Butuh Perhatian

SERGAI,(PAB) -

Muhammad Rifky (16) Penderita hidrosefalus (pembesaran kepala) kini hanya bisa terbaring di kediamannya.


Putra pasangan suami isteri, Rusli (50) dan Painem (43) warga Dusun Ladang Lama II Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu itu sejak usia 4 bulan sudah mengalami derita hidrosefalus.
 

Painem (43) kepada wartawan menjelaskan dari usia 3 bulan bagian kepala Rifky ada benjolan dengan kondisi lembek, maka kami berupaya membawanya berobat ternyata menderita hidrosefalus. Sudah tiga rumah sakit kami datangi diantaranya RSUD Deli Serdang, RS. Melati Perbaungan, bahkan RSUP H Adam Malik Medan. 


"Kata dokter, hal itu karena pengaruh otak besar gak ada, yang ada otak kecil. Maka semakin bertambah usianya kepala semakin membesar sedangkan badan mengecil, kemaren saran dokter agar check up ke rumah sakit namun biaya kami tidak ada hingga sekarang rawat sendiri lah dirumah,"Ungkapnya  dengan nada sedih. 


Diungkapkan Painem, kondisinya sekarang badan Rifky kaku hingga makan sehari-hari susah makanya harus diblender. Rifky makan nasi dengan wortel dan kentang serta minum susu kaleng 370g.


"Suami kerja serabutan, jadi untuk menambah ekonomi keluarga, saya kerja sebagai buruh cuci,"ujarnya.


Selama masa pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19, sebut Painem, ia menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial sebesar Rp.600.000, sebelumnya tidak ada mendapatkan bantuan bentuk apapun. 


"Dalam beberapa waktu lalu, pernah juga diberikan makanan tambahan (roti) dari petugas Puskesmas Sialang Buah,"Jelasnya.


Keluarga Rifky penderita hendrosefalus, Asmawati (52) kepada wartawan berharap agar kiranya ada bantuan untuk keberlangsungan hidup si Rifky dari Pemerintah dan dermawan, karena orangtuanya hanya kerja serabutan.

"Semoga ada bantuan dari semua pihak yang peduli akan kondisi si Rifky. Mari kita doa kan agar Rifky segera sembuh seperti anak-anak lainnya,"ungkapnya hingga teteskan air mata.(Bambang)

Berita Lainnya

Index