Kodim 0104/Atim Galakkan Gerakan KRP

Kodim 0104/Atim Galakkan Gerakan KRP

LANGSA,(PAB)---

Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar galakkan gerakan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), dimana Kodim 0104/Atim menciptakan ketahanan pangan nasional dengan menyulap lahan kosong menjadi lahan produktif.


KRPL ini sebagai contoh dibuat di pekarangan Koramil 11/Birem Bayeun, Desa Birem Rayeuk, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur. Gerakan ini merupakan pemberdayaan lahan yang menjadi percontohan pembinaan ketahanan pangan di tingkat Koramil, bahkan sampai ke perumahan prajurit nantinya.


Pembinaan ketahanan pangan perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kesulitan dalam memperoleh ketersediaan bahan pangan. Sehingga gerakan ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pokok dan menciptakan ketahanan pangan skala rumah tangga.


Dandim 0104/Atim mengatakan bahwa, gerakan tersebut digagas sebagai langkah pembinaan satuan dalam menciptakan ketahanan pangan di lingkungan prajurit, "katanya saat dikonfirmasi oleh awak media, Jum'at (12-06-2020).


"Di dalam KRPL itu terdapat berbagai macam tanaman dan sayur-mayur, mulai dari pepaya, cabai berbagai jenis, tomat, terong, sawi, dan tanaman sayur lainnya.


Konsep KRPL adalah memberdayakan lahan sempit atau terbatas yang ada di sekitar Makoramil dan perumahan prajurit. Jika program ini diaplikasikan tentu akan sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, dan secara tidak langsung dengan memanfaatkan lahan produktif akan menciptakan ketahanan pangan, baik di lingkup satuan maupun di lingkungan prajurit, "pungkas Dandim. (Boy)

Berita Lainnya

Index