Kuliah Kerja Nyata di Kota Dumai

Mahasiswa UNRI Sosialisasikan Cara Pencegahan Covid-19

Mahasiswa UNRI Sosialisasikan Cara Pencegahan Covid-19

DUMAI,(PAB)--


Dimulai dari tanggal 08-11 Juni 2020, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) UNRI yang tergabung sebagai tim relawan desa/kelurahan dalam melawan pandemi Covid-19 kota Dumai, khususnya kelurahan Bukit Batrem telah merealisasikan beberapa kegiatan diantaranya, pembagian masker, edukasi dan sosialisasi protokol Covid-19 kepada masyarakat, penyemprotan disinfektan di rumah ibadah dan pembagian flier (brosur informasi).

Sebelum kegiatan dilaksanakan mahasiswa berkoordinasi terlebih dahulu dengan Lurah Bukit Batrem Syafrudin S.Sos. Oleh Lurah Syafrudin, mahasiswa diberikan arahan dan tata laksana dalam melakukan edukasi pencegahan Covid-19.

Ke 5 mahasiswa yang terlibat, diantaranya Oki Wijayanti dari program studi Ilmu Hukum, Ulyani Lizamil Haqqi dari program studi PGSD (Program Studi Guru SD), Rifka Rifana dari program studi PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Siti Aisyah dari program studi PBSI, Desri Rahmadhani dari program studi PGSD.

Hari pertama, dimulai Senin (8/6/2020) bertempat di pasar Bundaran, mulai pukul 8.00-11.00 Wib. Mahasiswa kukerta UNRI melakukan edukasi dan sosialisasi tentang protokol Covid-19 kepada pedagang dan masyarakat, dan pembagian flier.

Dihari kedua Selasa (9/6/2020), juga bertempat di pasar Bundaran, mulai pukul 8.00-11.00 Wib. Para mahasiswa kukerta adakan pembagian masker kepada pedagang dan masyarakat yang tidak memakai masker.

Hari ketiga, Rabu (10/6/2020) mulai pukul 8.00-11.00 Wib, di bagi 2 tempat. Sebagai tempat pertama, bertempat di masjid Al-Muhajirin, jalan Perjuangan Bukit Batrem, para mahasiswa kukerta mengadakan penyemprotan disinfektan. Dengan dibantu pemuda/remaja masjid, pengurus masjid, Karang Taruna, ketua RT 9 Ali Nurin dan Rt 10 Yusrin Lubis.

Bergeser ke tempat kedua, bertempat di masjid Nurul Haq, jalan Pendowo Bukit Batrem. Mahasiswa kukerta juga melakukan penyemprotan disinfektan. Juga dihadiri pemuda/remaja masjid, pengurus masjid setempat, Karang Taruna dan RT 6 Sugiono.

Hari ke empat, Kamis (11/6/2020) mulai pukul 8.00-11.00 Wib, bertempat di jalan Arifin Ahmad, dekat persimpangan jalan Arifin Ahmad-jalan Sukarno Hatta, para mahasiswa kukerta mengadakan pembagian 100 pcs masker kain, kepada pengguna jalan yang melintas. Dibarengi edukasi protokol kesehatan dan antisipasi Covid-19.

Dari semua kegiatan yang diadakan Kukerta mahasiswa UNRI tersebut, para pedagang, masyarakat dan warga menaruh apresiasi terhadap aksi kepedulian mahasiswa dalam mencegah wabah Covid-19.

Menurut Oki Wijayanti selaku ketua Tim Relawan Pencegahan Covid-19 Kelurahan Bukit Batrem, kegiatan ini dilakukan sehubungan dengan dimulainya penerapan menuju New Normal di kota Dumai.

Oki Wijayanti mengatakan, masker sangat penting bagi masyarakat, juga penerapan Phyisical Distancing dan Social Distancing guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kegiatan ini ujarnya, sebagai bentuk partisipasi mahasiswa kukerta UNRI mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan membagikan masker kepada masyarakat khususnya pada pengguna jalan yang tidak memakai masker “Ini salah satu bentuk dukungan kita terhadap pemerintah, dan ini upaya sekaligus partisipasi mahasiswa dalam melindungi masyarakat, agar tidak tertular virus Covid-19 di fase menuju New Normal saat ini" ujarnya(Eli)

 

Berita Lainnya

Index