Beri Sarana Budidaya Ikan Lele, Langkah Kodim 0104/Atim Dorong Santri Mandiri

Beri Sarana Budidaya Ikan Lele, Langkah Kodim 0104/Atim Dorong Santri Mandiri

LANGSA,(PAB)---

Selain mendukung program ketahanan pangan, Kodim 0104/Atim berinovasi memberikan sarana budidaya ikan lele guna meningkatkan perekonomian para santri Dayah Bustanul Malikussaleh, yang bertempat di Desa Birem Puntong, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Kamis (11-06-2020).


Hal tersebut disampaikan Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) yang diwakili Danramil 22/Langsa Barat Lettu Inf Supriyanto saat menyerahkan sarana budidaya ikan lele yang diterima langsung oleh Tgk. Salahuddin (Abati) selaku pimpinan Dayah.


Dandim 0104/Atim melalui Danramil 22/Lgsb mengatakan bahwa penyerahan bantuan kolam lele dengan sistem bioflok ini merupakan salah satu upaya Kodim 0104/Atim untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah penerapan New Normal di Kota Langsa.


“Kita serahkan satu unit kolam lele kepada Dayah Bustanul Malikussaleh ini, untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian dayah ini, ”katanya.


“Bersamaan dengan itu, kita juga memberikan 1000 bibit ikan lele beserta pakannya, ”tambahnya.


Selanjutnya, Supriyanto juga berharap dengan adanya kolam lele bioflok ini, dapat menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta menumbuhkan jiwa entrepreneur atau wirausaha bagi para santriwan dan santriwati di Dayah Bustanul Malikussaleh ini.


“Serta menjadi bekal ke depan, supaya para santri setelah tamat dari Dayah ini dapat menerapkan kemandirian pangan dalam keluarga dan di masyarakat, "tandasnya.


Sementara Tgk. Salahuddin selaku pimpinan Dayah saat pelaksanaan kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0104/Atim dan bersyukur atas bantuan tersebut. Dengan bantuan ini akan dapat meningkatkan motivasi para santri untuk berkarya juga sebagai wahana meningkatkan jalinan silaturahmi antara Dayah dengan Kodim 0104/Atim,  dalam meningkatkan perekonomian para santri di Dayah ini, "pungkasnya.


Kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelatihan oleh Babinsa 23/Lgst Serda Darlianto kepada para santri tentang cara memfermentasi air, membuat pakan dalam berbudidaya ikan lele dengan sistem Bioflok. (Boy)

Berita Lainnya

Index