Kodam I/BB dan Bawaslu Sosialisasi Netralitas TNI Pada Pilkada 2018

Kodam I/BB dan Bawaslu Sosialisasi Netralitas TNI Pada Pilkada 2018

MEDAN,(PAB)----Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri. S. Sos, membuka Acara Sosialisasi Netralitas TNI Dalam Pilkada 2018 di Wilayah Kodam I/BB. Acara sosialisasi sebagai nara sumber Ketua Bawaslu Sumut Syafrida Rasahan ini digelar di Gedung Makodam I/BB Lantai V, Selasa (09/01/2018) pukul 14.30 WIB.

 

Acara sosialisasi atas inisiatif Pangdam I/BB ini diikuti oleh Perwira Kodam 1/BB dan jajaran Kodam I/BB termasuk Komandan Satuan (Dansat), Komandan Kodim (Dandim). Pangdam I/BB menyampaikan bahwa, sosialisasi netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih luas seputar Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada. Hal tersebut telah menjadi kebijaksanaan pimpinan TNI dan merupakan komitmen TNI.

 

“Netralitas TNI adalah bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis sesuai amanah reformasi internal TNI dalam Undang-Undang Nomor : 34 tahun 2004. TNI harus netral tidak boleh memihak/mendukung salah satu partai manapun, “terang Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri. . Implementasi netralitas TNI dalam pemilu/pemilukada adalah, Pertama, Netral dengan tidak memihak dan memberikan dukungan kepada salah satu kontestan pemilihan umum/pilihan kepala daerah. Kedua, Mengamankan penyelenggaraan pemilihan umum/pemilihan umum kepala daerah sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri. Ketiga, Prajurit TNI tidak gunakan hak pilih baik dalam pemilu/pilihan kepala daerah.

 

Usai sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Hadir pada acara ini, Kasdam I/BB Brigjen TNI Teuku Beny Firmansyah,Para Sahli Pangdam, Asintel Kasdam I/BB Kolonel Inf Maulana Ridwan,para Danrem, Dandim dan Danyon sejajaran Kodam I/BB. (ferr)

Berita Lainnya

Index