Ratusan Rumah di Sergai di Terjang Angin Puting Beliung

Tinjau Rumah Warga Terdampak Bencana Alam, Bupati Sergai Instruksikan Camat Semangat Gotong Royong

Tinjau Rumah Warga Terdampak Bencana Alam, Bupati Sergai Instruksikan Camat Semangat Gotong Royong

 

SERGAI,(PAB)-

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan peninjauan langsung Korban terdampak bencana alam angin  puting beliung yang merusak puluhan rumah warga di tiga Kecamatan,yaitu Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin  Tepatnya di tiga desa yaitu Lubuk bayas, Nagakisar dan Karang Anyar, pada Selasa (12/05/2020).


Dari data sementara yang diterima, Bupati kemudian merinci terdapat rumah dengan
Kondisi rusak berat dan rusak ringan antara lain di Kecamatan Perbaungan, sebanyak 152 rumah yang tersebar di 11 desa. dan yang paling banyak   di Desa Lubuk bayas yakni sebanyak 41 rumah. Bahkan salah satu rumah semi permanen milik Amsar, warga Dusun II Desa Lubuk bayas, ambruk rata dengan tanah akibat diterjang angin puting beliung. Sementara,di Kecamatan Pantai Cermin,  sebanyak 21 rumah sedangkan di Desa Nagakisar ada 18 rumah.

Selanjutnya kata Bupati, angin puting beliung juga menyapu   Desa Karang Anyar Kecamatan penggajahan akibatnya, sebanyak 22 rumah warga di desa tersebut juga mengalami kerusakan.
“ Kami dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai hari ini hadir lengkap bersama dengan Forkopimda yang terdiri antara lain Ketua DPRD, Kapolres, Dandim dan Kajari langsung terjun untuk memantau dampak bencana angin puting beliung yang terjadi kemarin malam sekitar pukul 20.00. Kami merasa simpati dan prihatin  kepada Bapak dan Ibu semua yang terdampak bencana angin puting beliung ini. Secara paralel hari ini OPD terkait kita juga turun langsung ke daerah yang dilaporkan terkena dampak puting beliung ini,” kata Bupati di hadapan para warga.
Kemudian,"ungkapnya.

lanjut Bupati, tadi pagi dirinya juga sudah mengimbau kepada para Camat agar digerakkan semangat gotong royong dimasing-masing kampung. Desa sudah memiliki anggaran sendiri untuk bisa melakukan gotong royong, apa yang dapat dilakukan agar segera dilakukan tanpa menunggu-nunggu dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat agar dapat segera pulih dan bangkit,,"katanya.


“Untuk itu, pada kesempatan ini kami juga membawa bantuan sembako guna meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana. Besoknya BPBD akan mendata serta memberikan bantuan bahan bangunan seng, broti dan paku guna memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak karena bencana angin puting beliung tersebut. Sedangkan untuk rumah warga yang ambruk akibat angin puting beliung, Pemerintah Desa sebelumnya telah memasukkan rumah tersebut ke dalam program perbaikan rumah tidak layak huni melalui proram Dana Desa (DD) untuk direnovasi menjadi rumah permanen. Namun karena adanya dampak wabah Covid-19, DD belum dapat dicairkan. Meskipun demikian, para Kepala Desa tadi sudah menyatakan bahwa rumah-rumah tersebut akan segera diperbaiki dengan menggunakan dana talangan lebih dulu,” pungkas Bupati. 
Ikut hadir dalam peninjauan lokasi bencana ini di antaranya Ketua DPRD dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, M.KM, Kapolres AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum, Dandim 0204/DS Letkol. Kav. Syamsul Arifin dan Kajari Paian Tumanggor SH, para Asisten, Kepala OPD, para Camat, Kepala Desa dan masyarakat yang terdampak angin puting beliung.(Bambang)

Berita Lainnya

Index