Ribuan Nelayan Terdampak Reklamasi Pelindo I Ancam Lakukan Aksi

Ribuan Nelayan Terdampak Reklamasi Pelindo I Ancam Lakukan Aksi

MEDAN,(PAB)----Ribuan nelayan yang selama ini mencari ikan atau melaut di perairan Belawan terkena dampak reklamasi milik PT Pelindo I tidak juga mendapatkan penyelesaian. Sehingga mereka mengancam akan turun ke jalan dan melakukan aksi karena sudah tidak bisa melaut lagi karena kawasan perairan yang sebelumnya tempat mencari ikan sudah hilang.

 

Bahkan akibat reklamasi, alur menjadi sempit dan tidak bisa dilalui boat nelayan. Ismail, salah satu kordinator nelayan dari Kelurahan Nelayan Indah mengaku kecewa dengan sikap arogansi PT Pelindo I yang tidak memberikan solusi atau penyelesaian kepada ribuan nelayan yang terkena dampak reklamasi dikawasan perairan Gabion Belawan.

 

" Jika sampai akhir bulan ini tidak ada penyelesaian terhadap para nelayan terdampak reklamasi maka kami akan melakukan aksi. Sekitar 2500 lebih nelayan akan turun kejalan," ungkapnya kepada wartawan Rabu (27/12/2017) didampingi sejumlah kordinator nelayan mulai dari Kelurahan Labuhan Deli, Ruslan, Hafrizal dari Pekan Labuhan, Ucok dari Belawan Bahari, Buyung dari Belawan I serta Amran kordinator dari Kelurahan Bagan Deli. Kemudian Ruslan menambahkan, dampak dari reklamasi antara lain adalah hilangnya tempat mencari ikan, hilangnya pendapatan nelayan maupun hilangnya puluhan jenis biota laut yang selama ini ada di perairan Belawan. Lalu, katanya lagi, akibat reklamasi, banjir rob yang selama ini tidak menggenangi pemukiman warga kini menjadi makin parah. "Jika sebelum reklamasi banjir rob tidak setinggi saat ini, setelahnya menjadi makin tinggi bahkan air pasang tidak bisa surut seperti sebelum adanya reklamasi," kata Ruslan.

 

Disamping itu, sebut Mail, ada lima kepala keluarga yang memiliki alat tangkap ambai sebanyak 19 pintu sampai saat ini sudah dua tahun lebih tidak juga diganti, padahal semua datanya sudah diterima pihak PT Pelindo I. " Jangan jadikan nelayan sebagai korban pendzoliman saja sementara Pelindo mendapatkan keuntungan dari reklamasi itu," katanya lagi.(ferr)

Berita Lainnya

Index