Danlanal Tanjung Balai Asahan Laksanakan Waters Inspection

Danlanal Tanjung Balai  Asahan Laksanakan Waters  Inspection
Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari melaksanakan kegiatan Waters Inspection.(Foto/Dispen)

ASAHAN,(PAB)-- 


Minggu pertama menjabat sebagai Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari melaksanakan kegiatan Waters Inspection.

Siang itu sengaja Letkol Ponco mendadak kesiapan unsur unsur lautnya, dimana tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari Danlanal Alumni Akademi Angkatan Laut tahun 99 tersebut. "Saya langsung main tunjuk beberapa Perwira, saya bawa ke Posal Bagan lalu saya suruh naik RHIB" Ujar Letkol Ponco menjelaskan. Sambil menyalakan engine Letkol Ponco berkata," Kalau di dadak seperti ini bisa maka operator tentu akan lebih siap lagi menghadapi kegiatan yang terencana".

Selanjutnya Danlanal sendiri yang mengemudikan RHIB hingga cepat 35 knots melintasi sungai Asahan. Sesekali mengurangi kecepatan dan menepi untuk mengamati beberapa hal. Tampak beberapa kali Letkol Ponco memotret beberapa objek tanpa banyak berkata.

Danlanal juga menyempatkan diri merapatkan RHIB nya di kerumunan perahu nelayan yang sedang menebar jaring untuk sekedar ngobrol dan menyapa mereka.

Pengalaman ber operasi dengan armada kapal cepat kecil memang salah satu kemampuan Perwira Menengah TNI AL berkualifikasi Komando Pasukan Katak ini. Salah satunya mengamankan perairan Bali saat KTT Apec 17. Letkol Ponco memimpin armada RHIB Kopaska sebagai unsur pengamanan dan tim escape VVIP lewat laut.

Selanjutnya saya akan melengkapi armada Boat Patkamla saya dengan beberapa peralatan pendukung operasi lainya. Namun Ponco tidak menyebutkan hal tersebut secara rinci.(Rosen/Dispen)

Berita Lainnya

Index