Untuk Menghibur, Kepala Rutan Labuhan Deli Adu Panco Dengan WBP

Untuk Menghibur, Kepala Rutan Labuhan Deli Adu Panco Dengan WBP
Kepala Rutan Labuhan Deli Adu Panco Dengan WBP

MEDAN LABUHAN,(PAB)--Suasana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Labuhandeli sangat berbeda dari hari-hari bisanya, Sabtu (11/3/2020). 

Sorak-sorai para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pun bahkan terdengar lantang hingga kebalik tembok rutan. 

Ternyata, itu bukan ada keributan, melainkan luapan rasa senang dan gembira saat menyaksikan adu panco antara Kepala Rutan Labuhandeli, Nimrot Sihotang dengan WBP. 

"Menjaga kesehatan tubuh di tengah maraknya virus Corona menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Selain menjaga pola makan yang baik, berolahraga juga menjadi salah satu faktor utama agar kesehatan tetap terjaga. Dari itu, saya mengajak para WBP menjaga kesehatan dengan permainan adu panco," ujar Kepala Rutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang kepada Pab-indonesia.co.id

Nimrot menerangkan, permain adu paco yang dilakukan Rutan Labuhandeli bertujuan untum menenangkan para WBP yang tidak mendapatkan kesempatan bebas sesuai yang tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020.

"Sebanyak 177 narapidana (Napi) sudah dibebaskan melalui program asimilasi dan integrasi sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona Covid-19. Para napi yang bebas merupakan pidana umum dan dibawah hukuman 5 tahun tidak terkait PP 99. Nah, bagi yang tak mendapatkan kesempatan, kami melakukan tindakan preventif dengan berolahraga bersama seperti adu panco," terangnya. 

Di samping itu, Nimrot menyebutkan pihaknya juga melakukan dialog interaktif dengan para WBP sebagian langkah mengatasi tindakan-tindakan yang tak diinginkan. 

"Kita berharap, kegiatan berolahraga serta berdialog bersama WBP kiranya dapat menghindari hal yang bisa saja terjadi di Rutan Labuhandeli ini. Karena, tidak menutup kemungkinan para WBP tersebut mengharapkan bisa bebas seperti napi yang sebelumnya telah dibebaskan," sebutnya. 

Dengan demikian, kata Nimrot pihaknya mengimbau kepada para WBP yang belum mendapatkan kesempatan bebas agar malakukan tindakan postif selama berada di Rutan Labuhandeli. 

"Untuk para WBP yang belum bisa bebas jangan terkucil hatinya. Jalani lah masa hukum dengan perbuatan positif yang bisa bermanfaat saat keluar penjara nanti. Mengenai di tengah pandemik Corona, mari bersama-sama dilawan dengan menjaga kesehatan diri masing-masing," tandasnya.(surya atm)

Berita Lainnya

Index