KOREM 071/WIJAYAKUSUMA DAN KODIM JAJARAN MELAKSANAKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

KOREM 071/WIJAYAKUSUMA DAN KODIM JAJARAN MELAKSANAKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

PURWOKERRO,(PAB)--

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., menginisiasi gerak cepat pencegahan penyebaran virus corona/COVID-19. Sehingga pada hari kamis 26 Maret 2020 Danrem beserta segenap Forkopimda Banyumas dan Satuan Tugas Penanggulangan/Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melaksanakan penyemprotan disinfektan guna mecegah penyebaran virus COVID-19 di wilayah Banyumas  Kamis (26/3/2020).

Berdasarkan perintah Pangdam IV/Dip agar memerintahkan kepada seluruh Kodim Kodim jajaran Kodam IV/Dip pada tanggal 26-28 Maret 2020 untuk melasanakan penyemprotan dengan sasaran fasilitas militer,  failitas umum dan tempat ibadah serta mengerahkan masing masing 100 orang personel di satuannya bekerja sama dengan Pemda setempat untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Beberapa wilayah kota Purwokerto yang dilakukan penyemprotan, yaitu Alun alun Purwokerto, Stasiun Purwokerto, pasar Wage Purwokerto, Terminal Bulu Pitu Purwokerto, GOR Satria, Terminal Aji barang, Pasar Ajibarang, Taman Kota  Ajibarang, pasar hewan Ajibarang, Terminal Wangon, Pasar Sokaraja, pasar Sangkalputung, kantor kecamatan Sokaraja, Rita Mall Sokaraja dan Depo Pelita.

Sarana angkutan yang digunakan dalam penyemprotan disinfektan  tersebut dengan menerahkan 1 unit kendaran roda empat dari Denpal Sokaraja,  Water Canon dari Polresta Banyumas  , 6 alat semprot dari Kodim 0701/Banyumas, 5 alat semprot dari BPBD Banyumas, 1 unit kendaraan Damkar dari Damkar Banyumas serta 4 penyemprot dari PMI Banyumas. 

Danrem juga memerintahkan kepada seluruh kodim jajaran agar mengerahkan segala daya dan upaya dengan cara memodifikasi kendaraan dinas yang ada sehingga dapat digunakan untuk melakukan penyemprotan disinfektan, misalnya kendaraan bak terbuka yang di pasang tangki air dilengkapi alat penyemprot dan menggunakan alat semprot padi/manual sebagaimana yang digunakan oleh para Babinsa jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Petugas gabungan dalam  penyemprotan disinfektan ini terdiri dari personel TNI AD (Korem 071/Wk dan Kodim Banyumas), Polresta Banyumas, Pemkab Banyumas, BPBD Banyumas, Dinas Kesehatan Banyumas, Satpol PP Banyumas, PMI Banyumas dan Damkar Banyumas. 

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., pada kesempatan tersebut menyampaikan, pembersihan serta penyemprotan disinfektan ini dalam rangka menekan penyebaran virus corona yang lagi merebak di Indonesia, khususnya diwilayah kabupaten Banyumas Danrem mengerahkan 500 personel jajaran TNI (Korem 071/Wijayakusuma) yang disebar di lokasi yang sudah ditentukan" katanya. 

Kolonel Dani pun sudah memerintahkan Kodim Kodim jajarannya yang terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota selama tiga hari mulai tanggal 26-28 maret 2020 bekerja sama dengan Forkopimda setempat, untuk melaksanakan penyemprotan di wilayah masing masing dengan sasaran fasilitas militer, fasilitas umum dan tempat tempat ibadah. Inilah saatnya kita bersatu, bahu-membahu menghadapi ancaman virus corona ", ungkapnya. 

Selain itu, Danrem juga menghimbau segenap masyarakat dijajaran Korem 071/Wijayakusuma, agar tidak panik. Oleh karenanya, agar masyarakat dapat mematuhi peraturan-peraturan yang ditetapkan dalam menghadapi bencana ini dengan melaksanakan Psycal  Distancing (jaga jarak antar perorangan yaitu 1,5 sampai dengan 2 meter), hindari kerumunan secara masal serta menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya.
Mari kita bersatu melawan korona.
Salam tangguh.
Salam kemanusiaan. (Sty)

Berita Lainnya

Index