Bila Ada Gejala Mirip Flu, Masyarakat Diminta Segera Konsultasi ke Fasilitas Layanan Kesehatan

Bila Ada Gejala Mirip Flu,  Masyarakat Diminta Segera  Konsultasi ke Fasilitas Layanan Kesehatan
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) Aris Yudhariansyah, Kamis (26/3), memberikan keterangan pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut di Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran D

MEDAN,(PAB)--

Masyarakat diminta proaktif menggunakan fasilitas layanan kesehatan untuk berkonsultasi bila ditemukan gejala yang mirip dengan influenza, sehingga dapat segera terdeteksi jika terpapar virus corona (Covid-19) dan dilakukan penanganan selanjutnya.

 

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) Aris Yudhariansyah, Kamis (26/3), saat memberikan keterangan pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut di Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

 

"Kami berharap masyarakat memahami betul tentang penyakit ini, sehingga kemudian tidak perlu ada kepanikan. Bila dirinya tidak enak badan dengan gejala-gejala yang mirip dengan influenza, maka kita berharap mereka segera mengakses fasilitas layanan kesehatan untuk berkonsultasi," ucap Aris Yudhariansyah.

 

Menurut Aris, dengan berkonsultasi akan mendapatkan informasi yang benar. Diharapkan bisa mengambil langkah yang benar dan tepat pula tanpa ada kepanikan. Apabila sudah mampu melakukan ini, maka upaya selanjutnya adalah karantina diri.

 

"Ini penting ketika kita mengalami gejala seperti influenza. Maka yang perlu dilakukan pertama kali adalah yakinkan bahwa kita tidak akan menyebarkan penyakit ini ke orang lain. Oleh karena itu, gunakan masker dan tinggal di rumah," katanya.

 

Aris juga mengimbau pada masyarakat untuk tetap melakukan social distancing atau menjaga jarak dengan anggota keluarga yang lain. "Bisa saja kita batuk dan bersin mengenai barang-barang yang ada di rumah, kemudian tidak sengaja disentuh orang lain maka orang lain tersebut akan terinfeksi," katanya.

 

Dijelaskannya, hal ini menjadi penting karena apabila Covid-19 menyerang kelompok usia muda yang kondisi fisiknya bagus, status imunnya baik, maka mungkin akan memberikan gejala yang ringan bahkan tidak memberikan gejala apapun.

 

"Tetapi ingat bahwa dia mambawa virus. Apabila kemudian tidak melakukan isolasi diri dengan baik, bisa saja saudara kita, orang tua kita yang daya tahan tubuhnya lemah, yang sejak awal sudah menderita penyakit-penyakit kronis, maka kelompok-kelompok ini lah yang akan menjadi kelompok yang sangat rentan," katanya.

 

Disampaikan juga tentang perkembangan kasus Covid-19 di Sumut, yaitu kasus positif 9 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 71 orang, sembuh 3 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 3080 orang. Kemudian, Call Centre Covid-19 yang dapat diakses masyarakat yakni Media Centre : 0852 -6131 7122 dan Call Centre : 0821 6490 2482 serta call center di setiap kabupaten/kota.(Ril)

Berita Lainnya

Index