Peduli Penanganan Covid-19, Kowari Gowa Serahkan Bantuan APD ke RSUD Syekh Yusuf

Peduli Penanganan Covid-19, Kowari Gowa Serahkan Bantuan APD ke RSUD Syekh Yusuf

GOWA,(PAB)----

Komunitas wartawan kriminal (Kowari) dan Forum Komunikasi Wartawan Koordinatoriat Pemkab Gowa (Forwag) melakukan aksi peduli penanganan coronavirus (covid-19).


Aksi peduli ini dilakukan dalam bentuk penyerahan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga media yang menangani covid -19 ini. Penyerahan APD ini mulai dilakukan komunitas wartawan yang bertugas di Kabupaten Gowa ini, Selasa (24/3/2020) siang di RSUD Syekh Yusuf Gowa.


APD berupa masker, sarung tangan plastik, pelindung kepala, kacamata, mantel pelindung badan diserahkan perwakilan Kowari dan Forwag Gowa diwakili Saribulan selaku Koordinator Kowari dan Forwad Gowa didampingi sejumlah jurnalis media online dan media elektronik (televisi) kepada Direktur RSUD Syekh Yusuf dr Salahuddin didampingi para wakil direktur yakni Zainuddin Jufri, dr Nurmaya, dr Ummu serta Kabag Program sekaligus Humas RSUD Syekh Yusuf Dr Muh Taslim di aula kantor RSUD Syekh Yusuf.


Direktur RSUD Syekh Yusuf dr Salahuddin menyampaikan apresiasi tinggi kepada kepedulian yang ditunjukkan para jurnalis dalam kondisi merebaknya covid-19.


" Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari mitra kita yakni dari beberapa media atas bantuan APD kepada rumah sakit. Saya menganggap hal ini adalah sesuatu yang liar biasa. Kami tidak melihat berapa jumlah dari yang diberikan tapi kita lihat dari partisipasinya memberikan semangat dan support bagi kami semua. Mudah-mudahan APD yang diberikan ini dapat kami manfaatkan untuk kami di rumah sakit," sambut dr Salahuddin.


Dikatakannya, dengan adanya peristiwa covid-19 ini tentunya APD sangat diperlukan  dan tentu kebutuhan akan APD itu semakin banyak. 


" Kami sadari sekarang bahwa untuk memesan APD sekarang sangat sulit. Saya kira hampir semua rumah sakit menghadapi hal sama sehingga bantuan-bantuan dari pihak luar termasuk dari para media ini sangat bermanfaat buat kami. Bantuan ini memberikan motivasi bagi kami untuk kami lebih giat melaksanakan pelayanan di rumah sakit. Mudah-mudahan persediaan APD kami selama satu bulan ini cukup untuk kami bisa gunakan dan kami sekarang selalu diminta untuk lebih proaktif lagi oleh Pak Bupati Gowa untuk menjaga ketersediaan APD di Gowa, " tambah dr Salahuddin.


Dia juga mengatakan, pasca Presiden RI mengumumkan darurat nasional, maka semenjak itu managemen RSUD Syekh Yusuf Gowa sudah membentuk tim untuk kesiapsiagaan di RSUD ini.


" Kesiapsiagaan ini telah kita lakukan meskipun ada beberapa rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan sehingga kalau ada kasus-kasus yang kami curugai maka kami segera lakukan rujukan," kata dr Salahuddin.


Sementara itu Saribulan selaku Koordinator Kowari dan Forwag Gowa menyampaikan pula apresiasinya kepada para jurnalis yang tergabung dalam Kowari maupun Forwag.


"Alhamdulillah kami merasa wajib membantu pemerintah khususnya jajaran tenaga medis dalam penanganan covid -19 ini. Selain kami berperan memerangi berita-berita hoax, kami juga mencoba menyalurkan kepedulian kami dengan memberikan APD kepada tim medis. Bantuan yang kami berikan berupa masker, sarung tangan, pelindung kepala, kacamata dan mantel pelindung badan tidak seberapa namun niat kami yang ikhlas yang utama," kata Saribulan yang juga Kabiro Harian Beritakota Makassar dan redaktur ujungjari.com untuk wilayah Gowa usia menyerahkan bantuan.


Dikatakannya, selain ke RSUD Syekh Yusuf, bantuan yang sama akan diberikan juga ke salah satu rumah sakit rujukan pasien covid-19 di Makassar. 


" Kami menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pada donatur yang berpartisipasi pada gerakan kepedulian kami. Terima kasih kepada Bupati Gowa Bapak Adnan Purichta Ichsan, Wakil Bupati Gowa Bapak Abd Rauf Malaganni Krg Kio, Ketua DPRD Gowa Bapak Rafiuddin Raping, bapak AKBP Shinto Silitonga (mantan Kapolres Gowa), bapak Muh Natsir Maudu Ketua PBSI Gowa dan para jurnalis anggota Kowari dan Forwag yang telah ikut berpartisipasi. Semoga apa yang kita lakukan ikhlas ini bernilai ibadah," tambahnya.


Saribulan juga mengatakan selain pemberian APD, komunitasnya juga akan melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian hand sanitizer kepada masyarakat.(Ril)

Berita Lainnya

Index