Relawan Covid-19 dan AMPI Gelar Bakti Sosial

Masyarakat Pakpak Bharat Sambut Baik Program Franc Benhard Tumangger Peduli

Masyarakat Pakpak Bharat Sambut Baik Program Franc Benhard Tumangger Peduli

Phakpak Bharat,(PAB)--

Dalam rangka mengantisipasi merebaknya virus Covid-19 atau lebih dikenal Corona di lingkungan Kabupaten Pakpak Bharat, Program Franc Bernhard Tumangger (FBT) Peduli melalui Relawan Covid-19 Kabupaten Pakpak Bharat bekerja sama dengan DPD AMPI Pakpak Bharat menggelar bakti sosial dengan melakukan penyemprotan Disinfektan ke seluruh ibu kota Kecamatan, se-Kabupaten Pakpak Bharat, pada Senin (23/3). 

Diketahui Program FBT Peduli merupakan program anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Franc Bernhard Tumangger dari Fraksi Golkar yang digalakkan dalam situasi maraknya penyebaran virus mematikan Corona.

Kegiatan yang diinisiasi anak mantan anak Bupati Dairi, MP. Tumangger ini dilakukan dengan turun langsung ke jalanan melakukan disinfeksi ke area publik dan fasilitas umum serta rumah-rumah warga. Penyemprotan disinfektan tersebut digencarkan di seputar Kota Salak, mulai dari Saniwah hingga Kasean Mpu Bada dan menyebar ke berbagai arah perkotaan.

Ketua DPD AMPI Pakpak Bharat, Soma Ellion Banurea yang memimpin langsung kegiatan sosial tersebut mengatakan, lengangnya sejumlah titik di Kabupaten Pakpak Bharat termasuk Kota Salak merupakan dampak dari pada virus corona yang belum ditemukan vaksinnya hingga saat ini.

Ia mengatakan, pihaknya melalui Program FBT Peduli, tak hanya sekedar menggalakkan penyemprotan disinfektan. Pihaknya dan relawan juga mensosialisasikan pencegahan dan penanganan sebaran wabah menggunakan kendaraan keliling.

"Saat ini kita tidak hanya berhadapan dengan Covid-19 saja, namun juga berhadapan dengan kekhawatiran masyarakat," kata Soma.

Menurut Soma, masih ada sebagian masyarakat yang tidak peduli sama sekali, dan malah pro dan kontra dengan perkembangan pemberitaan kasus bencana ini.

Kegiatan ini, ujar Soma sekaligus sebagai kampanye gerakan membangun kesadaran diri dengan berbagai cara dalam melawan Covid-19. Mulai menjaga jarak interaksi minimal satu meter, sadar dan rela mengisolasi diri selama 14 hari bagi yang memiliki riwayat perjalanan luar daerah.

"Kemudian juga bersedia membatalkan dan atau menunda kegiatan yang bersifat pengumpulan massa serta meningkatkan imunitas dan menjaga stres, termasuk imbauan untuk belajar di rumah dan mengisi dengan kegiatan positif." Ujarnya.

Soma juga mengimbau warga untuk menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat sebagai langkah assessment mandiri serta membersihkan lingkungan tempat tinggal serta melakukan disinfesi mandiri.

Adapun kata Soma Selain Kota Salak, untuk daerah yang akan di lakukan penyemprotan antara lain Kecamatan STTU Julu di Singgabur, Kecamatan PGGS di Kecupak, Kecamatan Siempat Rube di Jambu, Kecamatan Kerajaan di Sukarame, Kecamatan STTU Jehe di Sibande dan Kecamatan Tinada di Tinada.

Selain melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan, Pihaknya juga menyerahkan Obat Disinfektan dan Hand Sanitizer serta Masker yang menyusul akan dikirimkan dari pihak suplier Jakarta ke Posko Siaga Covid-19 di Pendopo Bupati Pakpak Bharat.(Boy keke/Red)

Berita Lainnya

Index