Bupati Batu Bara, Zahir : Budaya Pestai Tapai Tradisi Sejak Zaman Dahulu

Bupati Batu Bara, Zahir : Budaya Pestai Tapai Tradisi Sejak Zaman Dahulu

BATuBARA?(PAB)--

Bupati Batu Bara menyampaikan terimakasih atas dukungan khususnya kepada Mayarakat Desa Dahari Selebar dan Masyarakat Desa Masjid Lama Kecamatan Talawi dan pada umumnya masyarakat Batu Bara yang telah berkenan dan bersepakat kegiatan budaya pesta tapai ditunda karena mengingat dan lain hal.

Ucapan terimakasih Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M. AP., yang di sampaikan Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus usai memimpin Rapat Koordinasi bersama Camat, Kepala Desa dan Kepala Dusun serta Tokoh Agama dan Masyarakat dari kedua desa bertempat di Aula Kantor Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara, Rabu, 18/03/2020.

Menurut Zahir sebagaimana yang disampaikan Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus pada rapat kordinasi tersebut bahwa perayaan Pesta Tapai itu merupakan tradisi masyarakat Batu Bara yang sudah ada sejak zaman dahulu, ujar Ilyas.

Masih menurut Ilyas, Event ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan dalam menyambut bulan suci Ramadhan.
"Ini adalah nilai budaya yang harus kita jaga dan kita pertahankan bersama kalau bukan kita siapa lagi. Oleh karenanya Pak Bupati atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada kita semua masyarakat Batu Bara yang terus menjaga budaya pesta tapai ini, tambah Ilyas.

Tetapi, lanjut Ilyas, Kami dari Pemerintah Daerah sebagai perpanjangan tangan Pak Bupati yang sengaja ditugaskan menghadiri Rapat Koordinasi ini bersama Camat Kecamatan Talawi, Kepala Dwaa dari dua desa kita ini untuk mohon menyampaikan permohonan maaf atas kesemua rencana yang sudah terencanakan ini harus kita TUNDA untuk sementara waktu. 

Lebih lanjut ilyas mengatakan dan menjelaskan surat edaran pemerintah baik dari pusat, provinsi dan Kabupaten kita ini karena semakin merebahnya wabah virus corona ( Covid-19 ) maka pemerintah termasuk Pemerintah Batu Bara telah mengambil beberapa kebijakan diantaranya *Kegiatan yang sifatnya berkumpul atau di kumpulkan dalam jumlah besar/ramai atau bekerja sama dengan kelompok masyarakat untuk sementara waktu di larang atau dihentikan* dan in sya allah tahun depan akan kita laksanakan lebih meriah dan kita tingkatkan lagi, papar ncekli safaan akrab Kadisdik Batu Bara, Ilyas. 

Menurut Camat Talawi, Mulyadi bahwa Batu Bara ini dari sisi letak geografisnya sangat dekat dengan negara tenangga Malasya, banyak tanggahan kecil-kecil dan sulit di awasi ditambah lagi Perjalanan orang dari Malasya ke Batu Bara dan sebaliknya dari Malasya ke Batu Bara sangat dekat dan merupakan kegiatan rutinitas oleh sebagian penduduk karena hubungan dagang maupun kekeluargaan yang sudah terjalin cukup lama, dan itu dilakukan melalui jalur transportasi laut, ujar Mulyadi.

Sedangkan, harapan dari Kades Sahari Selebar Effendi, Kades Mesjid Lama Abdullah Sani dan Ketua Panitia Pesta Tapai Tahun 2019, Muslim yang pada intinya telah memahami kebijakan dan harapan Pak Bupati Zahir apalagi telah dijelaskan Kadisdik secara luas tentang wabah yang melanda Dunia termasuk Indonesia yang bernama Virus Corona ( Covid-19 ) sehingga kegiatan yang sudah dilakukan dari tahun ketahun sejak zaman dahulu di tunda, kami faham dan kami dapat menerima niat baik Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui kehadiran Pak Kadisdik, Ilyas dan Pak Camat Talawi, Mulyadi, ujar Muslim.

Masih menurut Muslim kegiatan ke depannya haruslah lebih baik dari tahun lalu dan saling mendukung kita, saling membesarkan kita serta kita sambut tetamu kita dengan pelayanan yang lebih baik sehingga berkesan setelah tamu-tamu kita yang sengaja datang dari dalam provinsi maupun luar provinsin maupun negeri jiran kita Malasya, harap Muslim.

Salah sorang tokoh masyarakat menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab Batu Bara, sebab menurut mereka, perayaan Pesta Tapai di Batu Bara dari tahun ke tahun semakin semarak dan semakin baik. "Mudah-mudahan tahun depan Pemkab Batu Bara bisa memberi perhatian lebih sehingga kegiatan ini tidak hanya menjadi pestanya masyarakat Batu Bara saja, tetapi bisa menjadi Event Nasional," papar Muslim.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut selain Kadisdik Batu bara, Ilyas Sitorus, Camat Kecamatan Talawi Mulyadi, Pejabat dilingkungan Bidang Budaya Disdik Batu Bara, Halimah dan Arma, Kepala Desa Sahari Selebar Effendi, Kepala Desa Mesjid Lama Abdullah Sani, Kepala Dusun dari kedua desa, Ketua Panitia Pesta Tapai Tahun 2019, Muslim serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan perwakinan penjual makanan musiman pesta tapai.(Syukur)

Berita Lainnya

Index