Berlabuhnya KRI Dewa Ruci Merupakan Momentum untuk Pengenalan kepada Masyarakat

Sambut KRI Dewa Ruci, PT Pelindo I Gelar Expo

Sambut KRI Dewa Ruci, PT Pelindo I Gelar Expo

MEDAN,(PAB)----Kapal latih tiang tinggi legendaris KRI Dewa Ruci singgah di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, Medan. Kehadiran KRI Dewa Ruci ini merupakan rangkaian kegiatan Ekspedisi Nusatara Jaya (ENJ) 2017 yang diselenggarakan mulai Novemeber 2017 lalu. KRI Dewa Ruci akan berlabuh di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan selama dua hari yaitu pada tanggal 6 -7 Desember 2017 sebagai upaya untuk memperkenalkan KRI Dewa Ruci sebagai pembawa misi budaya kemaritiman nasional serta memperkenalkan Terminal Penumpang Bandar Deli dan Pelabuhan Belawan kepada masyarakat luas. “Berlabuhnya KRI Dewa Ruci di Terminal Penumpang Bandar Deli, Belawan, merupakan momentum bagi kami untuk memberikan pengenalan lebih kepada masayarakat tentang KRI Dewa Ruci sebagai pembawa misi budaya kemaritiman nasional.

 

Selain itu, KRI Dewa Ruci yang telah mengarungi lima benua dan tujuh samudera merupakan monumen kemaritiman negara kita. Ini perlu kita perkenalkan pada masyarakat, agar masyarakat mengerti sejarah nasional sebagai bangsa maritim yang besar,” ujar M. Eriansyah, Corporate Secretary Pelindo 1. KRI Dewa Ruci berlabuh di Pelabuhan Belawan setelah sebelumnya singgah di Sabang untuk mengikuti rangkaian Sail Sabang 2017. KRI Dewa Ruci dilepas dari Tanjung Priok oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan pada 20 November 2017 yang lalu guna menjalankan Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 dengan jalur pelayaran, Tanjung Priok, Jakarta – Batam – Sabang – Belawan dan kembali ke Jakarta selama 28 hari. Perjalanan menuju Sabang kali ini merupakan perjalanan terakhir yang menjadi puncak purna tugas KRI Dewaruci yang telah mengemban misi pelatihan dan budaya bagi negara selama 64 tahun.

 

Dalam pelayaran terakhirnya ini, KRI Dewaruci akan membawa 68 pelajar SMA yang berprestasi dari 34 provinsi melalui program Ekspedisi Nusantara Jaya yang dikoordinasikan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman. Selama berada di Belawan, KRI Dewa Ruci akan dibuka untuk masyarakat umum sebagai rangkaian dari Dewa Ruci Expo yang digagas oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 dan Perpustakaan Terapung. Selain itu, kegiatan lain akan dilaksanakan selama pelaksanaan expo, diantaranya: lomba foto, lomba cipta dan baca puisi, lomba mewarnai, lomba video pendek, Dewa Ruci Tour, aksi tanam bakau, Mejuah-juah Night, UMKM Exhibition, food festival, aksi donor darah, dan Indie Band Competition.

 

M. Eriansyah menambahkan bahwa 3.000 orang ditargetkan untuk mengunjungi pelaksanaan Dewa Ruci Expo selama dua hari ke depan. Pelajar dan masyarakat umum menjadi target pelaksanaan kegiatan ini, guna memperkuat pengetahuan akan kebesaran bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim dunia. Selain itu, dengan kegiatan ini. kami juga berharap Pelabuhan Belawan juga dapat ambil bagian sebagai pelabuhan penting di Indonesia bagian barat dalam mendukung poros maritim nasional.(ferr)

Berita Lainnya

Index