Pasca Bencana Tanah Longsor, Koramil Rowokele Gelar Karya Bakti

Pasca Bencana Tanah Longsor, Koramil Rowokele Gelar Karya Bakti

KEBUMEN,(PAB)---

Komando Rayon Militer (Koramil) 21/Rowokele  gelar karya bhakti pasca bencana tanah longsor di Dusun Kemanjuran, Desa Giyanti, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen baru-baru ini. 

Guna menyikapi permasalahan tersebut, pada Kamis (5/3/2020) anggota Koramil Rowokele yang dipimpin langsung oleh Danramil Kapten Czi Saliyo berkoordinasi dengan seluruh warga melaksanakan kerja bakti khususnya pembersihan di wilayah sekitar yang terkena dampak bencana.

" Kondisi saat ini sedang dalam musim hujan dan rawan akan terjadinya bencana longsor, angin puting beliung dan bencana alam lainnya, seperti yang dialami Marjan (55), dimana rumah bagian belakang (dapur) miliknya hancur diterjang tanah longsor  setelah hujan semalam suntuk  mengguyur wilayah Rowokele", kata Kapten Czi Saliyo.

Menurutnya, melalui kerja bakti ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan dan hubungan antara TNI dengan rakyat terjalin semakin baik. Kepedulian Babinsa dengan warga di wilayah binaan harus terus ditunjukkan. Seperti halnya sekarang ini anggota Koramil 21/Rowokele, bahu-membahu bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti bersihkan material longsor. Terdapat sejumlah titik rawan longsor di wilayah Kecamatan Rowokele pada hari ini, sehingga butuh penanganan serius.

Lebih lanjut kata ia, kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir memang kurang bersahabat. Hal ini mengakibatkan adanya tanah longsor di beberapa daerah wilayah Rowokele diantaranya Dusun Kemanjuran Desa Giyanti, Dusun Cuntelan Desa Wagirpandan dan Dusun Mulyosari Desa Sukomulyo.

"Saya perintahkan Babinsa untuk melaksanakan operasi membantu penanganan akibat longsor," tegasnya.

Ia berharap kehadiran anggota TNI membuat warga desa semakin semangat dalam bekerja bakti. Kepala Dusun Kemanjuran, Tugiman (39) mengungkapkan, hujan deras yang mengguyur pada hari Rabu hingga dini hari mengakibatkan tanah longsor dan menimpa rumah bagian belakang milik warga.

"Alhamdulilah, hari ini longsoran tanah sudah sebagian dibersihkan. Marjan sangat berterimakasih dengan kehadiran bapak bapak dari Koramil Rowokele yang telah membantu dan memotivasi warga dalam melaksakan pembersihan material longsor ini. Semoga material longsor ini dapat segera di bersihkan, “ujar Kapten Saliyo.

Ia juga menghimbau meskipun kini kondisi wilayah masih belum normal pasca bencana, akan tetapi masyarakat harus tetap semangat dan waspada. (Sty)

Berita Lainnya

Index