Bupati Sergai, Ir H Soekirman Sambut Kunjungan Mentri Pertanian RI

Bupati Sergai, Ir H Soekirman Sambut Kunjungan Mentri Pertanian RI

SERGAI(PAB)-

Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman Menyambut   Kunjungan Kegiatan Kerja Menteri Pertanian RI ke Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara dalam rangka Launching Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) dan panen pedet ( anak sapi), pada Kamis(20/2/2020) di halaman Masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman,  Sekdaprovsu Hj. R.Sabrina 
Ka Badan Karantina Ir. Ali Jamil, M.P., Ph.D, Ka Badan Litbang Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, Ka BPPSDMP : Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, Dirjen PSP : Dr. Sarwo Edhy, S.P., M.M Dirjen TP Dr. Ir. Suwandi, M.Si, Dirjen Perkebunan Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc, Ka BKP Dr. Agung Hendriadi, M.Eng, Dirjen PKH : Dr. drh. I Ketut Diarmita, MP Dirjen Horti : Dr. Ir. Prihasto Setyanto MSc, Irjen Justan Riduan Siahaan, AK, M. ACC, CA, QIA. 


Staf Khusus Mentan Dr. Ir. Imam Mujahidin Fahmid, M.T. Dev, Forkompimda, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Pimpinan Bank Sumut, Gapoktan, Poktan, Forkopimda, stakeholder terkait, dan  masyarakat.

Menteri Pertanian RI Dr. H.Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa panggilan guna mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Apresiasi dan penghargaan khusus kepada Bupati Sergai yang telah membangun kemauan dan semangat serta visi menghadirkan sebuah daerah yang menghasilkan potensi dengan memanfaatkan alam. Memang negara kita sebenarnya negara yang kaya raya, adalah pemberian Tuhan yang harus kita syukuri secara bersama.

Masyarakat Sergai ini sangat banyak, yang telah terbiasa dengan nafas pertanian, peternakan, perkebunan bahkan pariwisata.
Pilar kekuatan bangsa itu ada di Sumut melalui pertanian dan peternakannya. Untuk itu mari kita ulang kejayaan pertanian dan peternakan melalui kebersamaan dan kekompakan antara dari semua pihak untuk memberikan ruang dalam mengurus masyarakat guna menghadirkan kesejahteraan kepada masyarakat, bilangnya.

Saya, kata Mentan RI, menyiapkan KUR bersama teman-teman perbankan itu membiasakan mereka menghitung sendiri apa yang harus dilakukan. Yang paling utama dalam pertanian dan peternakan ini adalah ibadah yang bagus serta manajemen yang baik. 

Diminta kepada seluruh jajaran Kementerian Pertanian serta kepala daerah jangan ragu dalam membantu petani dan peternak, karena semua adalah untuk rakyat, tegas Mentan.

Kelompok yang ada disini agar lebih diperhatikan lagi hingga dua atau empat kaki lipat dari bantuan sebelumnya sesuai instruksi Presiden Jokowi yaitu bela kepentingan rakyat. Dengan niat yang baik dan tulus, Tuhan kurang apao memberikan apapun yang kita inginkan pada alam ini, ucap Dr. H.Syahrul Yasin Limpo mengakhiri.

Sebelumnya, Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan kehormatan atas dilaksanakan kegiatan hari ini sebagai bentuk rasa cinta Bapak Menteri Pertanian kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Sergai.


Beberapa waktu lalu ada program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) dan hari ini dibuktikan dengan panen pedet. Hari ini program SIWAB ada hasil yang dapat di ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) telah memberikan hasil yang memuaskan serta melalui program SIKOMANDAN ini tentu akan lebih baik lagi hasilnya, katanya.

Sejak pertemuan di Sentul tahun lalu, sebut Bupati Sergai, kita telah melanjutkan hubungan setelah teleconference tentang AWR.
Mohon perhatian tentang tidak boleh masuknya bibit kecambah kelapa sawit kita dipasar luar negeri.
Sergai sudah masuk sebagai kawasan penghasil sorgum.
Jumlah sapi di Sergai lebih kurang 43.899 ekor, 625 dan kambing sekitar 1.400 ekor. 


Disampaikan bahwa potensi tentang Kabupaten Sergai termasuk pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata. Kami khawatir setelah dibangunnya insfratruktur jalan tol akan terjadi alih fungsi lahan.

Mulai tingkatkan wisata tani, jika ada program Kementerian Pertanian agar dapat dibantu dalam hal alat berat guna mencetak sawah baru.
Hari ini kita sudah melihat pengirimab kambing ke luar daerah, kami membuka diri kepada para peneliti guna melihat kesiapan dan potensi pertanian dan peternakan di Kabupaten Sergai, papar Soekirman.

Lanjut Soekirman, Pemprovsu melakukan kerjasama penyediaan daging sapi dan kerbau dengan perusahaan impor, memberdayakan toko tani Indonesia, pemberdayaan BUMD dan lainnya. 

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan etos kerja dan peningkatan mutu serta potensi petani peternak di Sumut, pungkasnya.

Kegiatan diisi dengan peninjauan peternakan sapi dan kerbau rakyat, penyerahan simbolis Kredit Usaha Rakyat (KUR) , Asuransi peternakan, bantuan kepada masyarakat dan kelompok tani serta panen pedet dan peninjauan ternak sapi dan kerbau.(Bambang)

Berita Lainnya

Index