Peduli Warga, Geuchik Gp Sidorejo Gelar Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk Penyebab Malaria

Peduli Warga, Geuchik Gp Sidorejo Gelar Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk Penyebab Malaria

LANSA,(PAB)--

Geuchik dan perangkat Pemerintahan Gampong Sidorejo Kec. Langsa Lama Kota Langsa menggelar acara Sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk yang diikuti oleh kader PKK, kader Posyandu dan unsur terkait lain yang ada digampong tersebut, selain para kader, hadir juga dalam gelar Soaialisasi itu Babinsa dan Bhabinkamtibmas dari Polsek dan Koramil Langsa Timur, Kepala Puskesmas Kec.Langsa Lama Pak Edi, acara ini berlangsung sukses mengambil tempat kantor geuchik setempat, Selasa (4/2).


Sosialisasi yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya perkembang biakan nyamuk Aedes Aegypti dilingkungan tempat tinggal, khususnya masyarakat gampong Sidorejo.


Dalam konfirmasinya Tgk.Salahuddin geuchik gampong tersebut didampingi Sekdes Surianto kepada media PAB mengatakan, sosialisasi ini adalah salah satu bentuk kepedulian  Pemerintah gampong Sidorejo dalam memberikan pemahaman terhadap pentingnya kesehatan bagi warga masyarakat.


Tingginya angka kematian yang disebabkan DBD, dengan adanya Sosialisasi ini, kedepan diharapkan para kader yang mengikuti dan menjalankan Program JUMANTIK (Juru Pemantau Jentik) digampong Sidorejo ini, diharapkap akan dapat memberikan kembali pemahaman kepada masyarakat tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan linkungan tempat tinggal masing-masing. Mari dari sekarang dan seterusnya kita biasakan dan budayakan istilah tiga M , yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur atau mendaur ulang sampah-sampah hasil rumahan, ajak Salahuddin menerangkan.


Lebih lanjut Geuchik Salahuddin mengatakan, linggkungan masyarakat yang bersih akan mempersempit berkembang biaknya jentik nyamuk penular malaria yang bisa mematikan, dengan sekali gigit saja, korbannya bisa mengalami demam tinggi.


Ya..sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa penularan malaria itu disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina, sementara DBD, ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti, masing-masingnya juga mempunyai karakteristik serta tempat dan lingkungan perkembang biakannya yang berbeda, ucap geuchik Salahuddin mengakhiri konfirmasinya.


Sementara itu Azhari, SE Setcam Kec. Langsa Lama dalam konfirmsinya menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah dan upaya dari pemerintah Gampong Sidorejo untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk malaria yang hal tersebut juga merupakan program Pemerintah secara nasional yang dimulai dari atas sampai kepada tingkat pemerintahan terkecil gampong.


Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Gampong Sidorejo pada hari ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan artinya sosialisasi tersebut sebagai program pemerintah sudah dilakukan dengan baik oleh Geuchik Salahuddin guna meningkatkan kapasitas para kader Jumantik (juru pemantau jentik) agar sewaktu-waktu ketika mereka turun memberikan pemahaman kepada masyarakat, mereka sudah paham dengan tugas dan fungsi mereka, sebutnya.


Diakui Azhari, untuk gampong Sidorejo dalam masalah penularan malaria disebabkan oleh nyamuk masih dalam kategori aman yaitu nol masalah sehingga oleh karenanya masyarakat juga harus ikut pro aktif berperan menjaga kebersihan lingkungan dengan mebudayakan istilah tiga M, dan ini bukan sekedar pada hari ini saja, namun lebih dari itu harus berkelanjutan kedepannya, tutup Azhari Setcam yang aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintahan gampong diwilayah tugasnya. (Boy) 

Berita Lainnya

Index