Plt Gubernur Kepri Sidak ke Pelabuhan Sri Bintan Pura Mengecek Kesiapan Antisipasi Virus Corona

Dibaca: 585 kali  Minggu,02 Februari 2020 | 16:31:34 WIB
Plt Gubernur Kepri  Sidak ke Pelabuhan Sri Bintan Pura Mengecek Kesiapan Antisipasi Virus Corona
Ket Foto :

KEPRI,(PAB)----

Plt Gubernur Kepri Isdianto melakukan sidak ke Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) untuk mengecek kesiapan alat pendukung untuk mengantisipasi virus corona, Kamis (30/1/2020).

“Hari ini ada warga Batam satu orang dirawat di ruang isolasi, makanya saya langsung turun begitu mendengar kabar tersebut,” katanya. Dia mengaku, saat ini belum ditemukan adanya pasien terjangkit virus corona di Batam. Meski demikian, Isdianto mengimbau kepada masyarakat tetap mewaspadai dan siaga akan virus tersebut. “Jangan lupa pakai masker dan terapkan pola hidup sehat,” ujarnya.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Kesehatan Kepri, di Lagoi ada ditemukan sebanyak enam orang namun setelah dilakukan pengecekan di rumah sakit rujukan hasilnya negatif.

"Kita tetap siaga untuk mengantisipasi," sebutnya. Baca juga: Cerita Keluarga Mahasiswa yang Terisolasi di Wuhan Khawatir Terjangkit Virus Corona Isdianto menjelaskan, dalam mengantisipasi virus corona, tim khusus melakukan pengawasan serius baik di pelabuhan maupun di bandara, sehingga tidak ada satu orangpun yang bisa lepas dari deteksi, sehingga virus corona tidak menyebar di Kepri.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tjetjep Yudiyana mengatakan, meski saat ini Kepri sedang waspada dan siaga mengantisipasi virus corona. Kendati demikian, dia berharap warga Kepri tidak terlalu cemas, sebab sampai saat ini belum ada yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

"Saat ini benar ada satu orang yang diisolasi, tapi belum positif. Hanya dilakukan observasi mendalam saja sambil menunggu hasil laboratorium darahnya," kata Tjetjep.

Tjetjep berharap kepada warga Kepri, apabila mengalami kejala yang mirip virus ini, yakni demam tinggi, sakit tanggorokan dan sesak nafas, diharapkan segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Baca juga: Wabah Virus Corona, Kemenlu Terus Lakukan Pemutakhiran Data WNI di China Apalagi hal ini terjadi setelah yang bersangkutan baru pulang dari luar negeri, hal ini tidak perlu menunggu lama dan sesegera mugkin ke rumah sakit terdekat.

"Yang jelas segala upaya sudah kami lakukan dan mudah-mudahan saja virus tersebut tidak sampai di Batam," terangnya. Diakuinya untuk saat ini di Singapura memang sudah ada 10 orang yang dinyatakan terinsfeksi virus corona dan hal itu dibenarkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya. Hanya saja dari 10 kasus positif tersebut I Gede Ngurah mengatakan kebanyakan warga China. "Ya tidak ada salahnya kita waspada dan siaga, tapi tetap tenang," pungkasnya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Virus Corona, Plt Gubernur Kepri Cek Pelabuhan SBP Tanjungpinang", https://regional.kompas.com/read/2020/01/30/17143241/antisipasi-virus-corona-plt-gubernur-kepri-cek-pelabuhan-sbp-tanjungpinang?page=all#page2.
Penulis : Kontributor Batam, Hadi Maulana
Editor : Dony Aprian

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »