Hut Satpam Ke- 39, Irjend Pol Martuani Sormin : Peran Satpam sangat Strategis Menciptakan Keamanan

Hut Satpam Ke- 39, Irjend Pol Martuani Sormin : Peran Satpam sangat Strategis Menciptakan Keamanan

MEDAN,(PAB)----

Kapolda Sumatera Utara, Irjend Pol Martuani Sormin pimpin upacara HUT Satpam ke 39 tahun 2019, di lapangan apel Polrestabes Medan. Rabu (22/1/2020) Jam 8:00 Wib.

Irjend Pol Martuani Sormin dalam amanatnya mengatakan bahwa  selaku pimpinan Polri di Sumatera Utara dirinya merasa bangga terhadap keberadaan Satpam sebagai mitra kerja pengamanan dan sekaligus dalam kesempatan itu Martuani mengucapkan selamat ulang tahun ke 39 bagi seluruh anggota satuan pengamanan di manapun berada.

“Saya juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada seluruh anggota satoam, pimpinan badan usaha jasa keamanan, pengurus asosiasi jasa pengamanan serta seluruh stakeholder lainya. Dalam momentum yang penuh dengan kehormatan ini marilah kita sejenak mengenang mendoakan Kapolri ke 8 sekaligus bapak Satpam Indonesia, almarhum Jenderal Polisi  ( purn ) Prof. Dr. Awaluddin Djamin M.P.A yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan dan memajukan Satpam sebagai profesi yang luhur dan mulia. Senantiasa kita sebagai generasi penerus dapat senantiasa meneladani pengabdian, perjuangan dan prestasi beliau dalam setiap pelaksanaan tugas,” ucap Kapolda Sumut.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas. Oleh karena itu setiap anggota satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerja.

“Eksistensi satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi  yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif. Dengan demikian, profesi satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan uraian tersebut, saya menilai bahwa tema yang diangkat dalam peringatan HUT Satpam ke 39 tahu 2019 yaitu ” Satuan Pengaman Berbasis kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif dan Terjaminya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju” tema tersebut selaras dengan kebijakan presiden RI yaitu pembangunan SDM serta program prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM unggul dan pemantapan HARKAMTIBMAS,”pungkas Irjend Pol Martuani Sormin Siregar,M.Si.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng  dan diberikan pada anggota Satpam tertua yang bertugas di PT Brahmana Debang Kencana dan Satpam termuda serta pemberian penghargaan kepada anggota Satpam BPJS ketenagakerjaan yang telah berhasil menggagalkan tindak pidana pencurian dengan kekerasan ( begal ) pada hari Rabu 9/8/2019 jam 5:02 WIB di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan jalan Pattimura Medan atas nama Oktorio Ricardo P. Ginting dan lembagian trophy pada pemenang lomba dalam rangka HUT Satpam ke 39.
 
“Keberadaan Satpam ini sangat penting untuk dilingkungan kerja, polisi tidak bisa menjangkau seluruh kawasan itu, maka dengan kehadiran Satuan Pengaman kami merasa sangat terbantu dalam menjaga situasi keamanan di lingkungan usaha dan lingkungan kerja. Semua warga negara mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dalam menjaga keamanan untuk kasus pidana yang mana pelakunya tertangkap tangan, jangan kan Satuan Pengaman, masyarakat juga boleh menangkap dan menyerahkanya ke pihak kepolisian untuk di proses hukum. Untuk itu kami minta kepada satuan pengamanan dan para pelaku usaha agar memberikan pendidikan satpam minimal ( Gada Pratama ) karena Satpam ada standar kompetensi tersendiri. Karena Satpam adalah Profesi yang mulia.  Dan kami minta kepada BUJP untuk melengkapi tempat kerjanya dengan CCTV,” jelas Kapoldasu Kepada awak media saat diwawancarai usai acara peringatan HUT Satpam tersebut.

Di akhir acara diisi dengan antarasi kemahiran bela diri tongkat dan borgol serta bela diri Polri yang dibawakan oleh anggota satuan pengamanan yang sudah dilatih dibawah asuhan DPD AMSI.

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Dirbinmas Polda Sumut, Kombes Pol Hondawan Naibaho, Dirpropam, Kombes Pol Yopi Girianto, dan para PJU Polrestabes Medan dan para Pejabat Utama Polda Sumut serta Ketua DPD AMSI Sumut, Drs. H.Ibrahim Tarigan, Ketua ABUJAPI, Syaiful Daulay, Ketua DPC APSI Medan, H.Ramli Tarigan SH.MH. ( Evi )

Berita Lainnya

Index