Tahun 2020, Gerhana Bulan Penumbra Gerhana Bulan Pertama Di Indonesia

Dibaca: 2262 kali  Sabtu,11 Januari 2020 | 22:21:18 WIB
Tahun 2020, Gerhana Bulan Penumbra Gerhana Bulan Pertama Di Indonesia
Ket Foto : Foto: pab-indonesia.co.id

JAKARTA,(PAB)----

Gerhana bulan penumbra terjadi,  Sabtu (11/1/2020) malam ini, Gerhana ini menjadi gerhana bulan pertama yang melewati Indonesia pada tahun 2020 ini.

Melansir laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Sedangkan gerhana bulan penumbra adalah peristiwa ketika Bulan masuk ke bayang-bayang penumbra Bumi.

Kondisi ini mengakibatkan Bulan masih dapat terlihat dengan cahaya yang redup. Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dari dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan.

Dilansir Kompas.com, Sabtu (11/1/2020), Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa LAPAN Dr. E. Sungging, M.Si, membenarkan adanya gerhana bulan penumbra pagi tadi. 

Gerhana ini dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia. 

Tidak sama dengan gerhana matahari total, pengamatan terhadap gerhana bulan penumbra ini dapat dilihat dengan mata telanjang secara langsung tanpa menimbulkan kekhawatiran. 

Menurut Sungging, pengamatan langsung dilakukan oleh sejumlah pihak, di antaranya adalah komunitas Pecinta Langit Timor. 

"Iya, benar. Saya dan tim saya melakukan pengamatan di Bundaran Tirosa Kota Kupang," jawab perwakilan komunitas Pecinta Langit Timor Fance Liukae.(*)

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »