Ini Tantangan Panglima TNI Pengganti Gatot Nurmantyo

Ini Tantangan Panglima TNI Pengganti Gatot Nurmantyo

Jakarta,(PAB)----

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Presiden  Pergantian Panglima TNI sangat strategis karena  tahun depan sudah memasuki tahun politik.

Seperti diketahui, sebanyak 171 daerah akan menggelar pilkada pada tahun 2018. Pada tahun berikutnya akan digelar pemilu legislatif dan pemilihan presiden secara bersamaan. 

Pengamat militer, Arista Atmadjati menilai, Panglima TNI pengganti Gatot Nurmantyo harus mampu menjaga stabilitas politik dalam negeri. Situasi politik dalam negeri memengaruhi ekonomi, sosial dan budaya. "Apakah dipercepat atau Maret 2018, Presiden Jokowi yang mengetahui," ujar Arista

Dia menilai panglima TNI ke depan semestinya berasal dari matra Angkatan Udara. Kendati demikian. dia menilai sebenarnya semua matra memiliki kemampuan yang sama. "Sebenarnya sih TNI AU," ujarnya. begitu tulis Sindo.com.

Meski demikian, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memilih pengganti Gatot.

Dia juga menyerahkan kepada Presiden  mengenai waktu yang tepat untuk melakukan proses pergantian panglima TNI. Sebab, dia meyakini Presiden Jokowi mengetahui betul kapan Gatot Nurmantyo harus diganti.(rdk)

Berita Lainnya

Index