HUT Ke-16 "Kabupaten Sergai Raih Rekor MURI ,12,156 Peserta Makan Nasi Ambengan

HUT Ke-16
Dihari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sergai,yang Ke-16 , Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ,kembali menorehkan Prestasi dengan  berhasil meraih Rekor Muri katagori Makan Nasi Ambengan

SERGAI,(PAB)- -

Dihari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sergai,yang Ke-16 , Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ,kembali menorehkan Prestasi dengan  berhasil meraih Rekor Muri katagori Makan Nasi Ambengan sejumlah 12,156 piring yang di gelar'di Komplek Replika Istana Sultan Serdang ,Kelurahan Melati Kebun, Kecamatan, Pegajahan, Senin (6/1/2020).

Turut menghadiri dalam kegiatan tersebut, Bupati Sergai H Ir Soekirman, Bersama Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya,serta Ketua DPRD Sergai dr Rizki Ramadhan Hasibuan SH SE, dan tampak hadir Mantan Gubernur Provinsi Sumut sekaligus mantan Bupati Sergai Dr Ir H T Erry Nuradi MSi, Ketua Komisi E DPRD Sumut Dimas Tri Adji S.Ikom, unsur Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, jajaran Kepala OPD, Camat, segenap ASN Pemkab Sergai, Tokoh Agama, Tokoh Budaya dan puluhan ribu tamu undangan lainnya.

"Bupati Sergai, H Ir Soekirman dalam sambutannya menyampaikan, perayaan ulang tahun kali ini lebih menekankan budaya Kabupaten Sergai yang dikenal sebagai tanah religius. “Daripada kita merayakan dengan pesta pora tanpa makna, tentu akan jauh lebih baik dengan memperbanyak istigfar, berzikir, mendengarkan tausiah dari Alim Ulama, Insya Allah kabupaten kita ini dijauhkan dari marabahaya, dari segala macam Bala Bencana,” ungkap Bupati di hadapan para hadirin dan tamu undangan .

Selain menghadirkan sisi religius dengan, mengundang Ustadz H. Irfan “Rahul” Yusuf untuk melakukan tausiyah,di  acara perayaan HUT Sergai ke-16 ini juga  berbarengan dengan pemecahan rekor MURI lewat kegiatan makan bersama nasi ambeng terbanyak yang tercatat mencapai 12.156 peserta.

Jumlah peserta ini bahkan melebihi target awal', yang “hanya” 10.016 peserta, dengan angka 16 mewakili usia Kabupaten Sergai. Bukan hanya rekor nasional, pelaksanaan ini juga disebut oleh perwakilan MURI sudah mencetak rekor dunia", jelasnya.

Yang lebih mengagumkannya lagi kata Bupati , makanan yang disediakan pada kegiatan ini merupakan hasil swadaya dari seluruh masyarakat di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Dalam hal ini Bupati berpesan jika di umurnya yang ke-16 ini Sergai dapat membuktikan sebagai Kabupaten yang menjunjung tinggi toleransi dan Bhinneka Tunggal Ika. “Pluralisme yang kita jaga di kabupaten ini tidak dapat tercapai tanpa adanya toleransi. Hari ini kita juga menggunakan pakaian tradisional Melayu Teluk Belanga mengingat Kabupaten ini kental dengan budaya Melayu sebagai tanah Sultan Serdang dan Pangeran Bedagai. Warna pakaian yang beraneka ragam juga jadi simbol betapa majemuknya Masyarakat di Kabupaten ini. Namun walau majemuk, tetap dapat menciptakan harmoni,”tandasnya.

Hal senada yang di sampaikan  "Wabup H Darma Wijaya berharap dalam momen bertambahnya usia Sergai, kabupaten ini tetap dapat menjaga bahkan semakin meningkatkan kinerja dalam melayani Masyarakat. “Pengalaman dan kebijaksanaan akan ikut bertambah seiring menuanya usia. Semoga Sergai dapat selalu menjalankan pembangunan sesuai dengan visi unggul, inovatif dan berkelanjutan,”ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama  Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy AP MAP juga menyampaikan, bahwa jika maksud dan tujuan kegiatan ini selain untuk memperingati HUT Kabupaten Sergai juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME atas nikmat yang telah diberikan kepada kita semua khususnya kepada Kabupaten Sergai ini.

“HUT ke-16 ini kita laksanakan dengan tema Kita Tingkatkan Ekonomi Kreatif Dan Pariwisata Desa Untuk Mewujudkan Serdang Bedagai Yang Unggul, Inovatif Dan Berkelanjutan. Selain acara hari ini, kita juga sudah melaksanakan rangkai kegiatan acara yang dimulai dari tanggal 27 Desember 2019 lalu berupa gotong royong masyarakat se-Kabupaten Sergai yang dilanjutkan dengan berbagai lomba seperti menulis esai dan video visual yang dilaksanakan pada 3 Januari. Nantinya ditutup dengan lomba renang pelajar yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2020,” pungkasnya.

Sementara Dr Ir H T Erry Nuradi MSi yang merupakan mantan Bupati Sergai (2005-2013) sekaligus Gubernur Sumatera Utara periode 2016-2018 mengungkapkan rasa syukurnya atas Bertambahnya  usia kabupaten pemekaran yang pernah ia pimpin ini. “Semoga Kabupaten Sergai tetap dalam kondisi kondusif apalagi tahun ini akan menyambut tahun politik. Saya berharap sebagai kabupaten yang menjaga kekeluargaan sebagai pondasinya, Masyarakat tetap merawat semangat persuadaraan,” ujarnya.

Disela-sela acara, Pemerintah kabupaten Sergai juga  megadakan peluncuran situs e-commerce “hopeshop.id” yang dilaksanakan berbarengan dengan HUT ke-16 Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai H. Ir.  Soekirman bersama unsur Forkopinda Sergai me-launching hopeshop.id sambil memutarkan video profil hopeshop.id yang ditayangkan di videotron. Web hopeshop.id sendiri merupakan situs jual beli online yang digagas oleh Dinas Kominfo Sergai yang menampung komoditi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Berbagai macam dagangan mulai dari panganan sampai produk kerajinan tangan dapat diperoleh cukup lewat beberapa klik saja dan produk bisa diantar ke konsumen tanpa harus repot datang ke lapak fisik.

"Pelaku UMKM sendiri dapat menjajakan bermacam dagangan setelah melakukan registrasi gratis dan mudah di situs hopeshop.id. Fitur yang lengkap dan akomodatif semakin mempermudah bukan hanya penjual namun juga para konsumen.

“di harpakan Dengan adanya situs jual beli ini, Kabupaten Sergai telah masuk ke dalam lingkup global, dimana seluruh Negara di dunia dapat berinteraksi langsung dengan daerah kita ini. Kabupaten Sergai dapat dikenal oleh seluruh dunia tanpa dibatasi ruang dan waktu. Situs ini juga jadi penanda bagaimana Sergai dapat tetap concern mendukung UMKM dengan  menyelaraskannya pada kondisi kekinian yang sudah serba digital,” ujarnya mengakhiri(Bambang)

Berita Lainnya

Index