Elhazir Berhasil Jalankan Dana Simpan Pinjam Bergulir Melalui BUMDes,Begini Caranya

Elhazir Berhasil Jalankan Dana Simpan Pinjam Bergulir Melalui BUMDes,Begini Caranya
Geuchik Gampong Sungai Lueng Kec.Langsa Timur Pemko Langsa Elhazir,.(Foto/Boy)

LANGSA,(PAB)---

Geuchik Gampong Sungai Lueng Kec.Langsa Timur Pemko Langsa Elhazir, berhasil jalankan dana simpan pinjam melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kepada masyarakat yang menempati ditiga Dusun digampong tersebut.

Menurutnya, pada empat tahun yang lalu tahap awal BUMDes Gp. Sungai Lueng hanya bermodalkan dana sebesar Rp. 42.000.000,- , kemudian ada penambahan lagi untuk dipinjamkan kepada 40 orang peminjam dengan ketentuan, sipeminjam akan mengembalikan pinjamannya sebesar Rp 20.000,- setiap Minggu kepada petugas yang kami tunjuk, untuk kemudian kami gulirkan kembali kepada masyarakat yang lain, sebut Elhazir saat dijumpai dikantornya, Senin (30/12).

Dijelaskan Elhazir, "kita jangan takut akan dicurangi (ditipu) karena kita tidak pernah mencurangi mereka, dan Alhamdulillah, sampai saat ini dengan prinsif yang saya anut itu mereka masih patuh pada ketentuan yang diterapkan Direktur BUMDes.

Mereka, lanjut Elhazir geuchik yang berjiwa sosial ini, tertib dan disiplin untuk membayar setiap minggu, dan saya juga melakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali guna melihat jalan atau tidaknya BUMDes yang dijalankan untuk simpan pinjam bergulir yang merupakan program emas saya, tutur Elhazir seraya mengatakan, pada saat ini jumlah peminjam keseluruhannya sudah mencapai seratusan lebih nasabah, ungkapnya.

Gampong Sungai Lueng yang manyoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan nelayan, Badan Usaha Milik Gampong (Desa) BUMG/BUMDes menjadi hal penting dalam mendongkrak pendapatan peningkatan ekonomi masyarakat, dengan terbentuk dan jalannya BUMG/BUMDes di gampong, maka secara perlahan gampong (Desa) akan berubah menjadi mandiri sebagaimana harapan dan tujuan pengucuran dana oleh Pemerintah, keberhasilan Elhazir ini bisa juga menjadi contoh bagi gampong lainnya, dan ini layak diancungi jempo.(Rosen/Boy)

Berita Lainnya

Index