Komite Independen Batak (KIB) Mencari Tokoh Pengayom dan Pemersatu Bangso Batak

Dibaca: 1147 kali  Kamis,19 Desember 2019 | 04:35:59 WIB
Komite Independen Batak (KIB) Mencari Tokoh Pengayom dan Pemersatu Bangso Batak
Ket Foto :

MEDAN,(PAB)---

Beberapa tokoh Batak berkumpul dan sepakat membentuk sebuah badan independen yang disebut dengan Komite Independen Batak ( KIB ).

Komite ini diisi oleh tenaga dengan latar belakang yang berbeda-beda seperti dari kalangan profesional, Akademisi, Pengusaha, Birokrat, Aktivis, Jurnalis, Tokoh-tokoh Batak dan lain sebagainya Selasa 10 Desember 2019 lalu di salah satu tempat di Jalan Wahid Hasyim kota Medan.

Selanjutnya,rapat berikutnyapun digelar,Rabu (18/13/19) sore yang dihadiri beberapa panitia diantaranya  Tagor Aruan,Maslen Sinaga,S.Sos,M.sc,Eddin Sihaloho SE,M.Pardede,Jhon Tulus,Susi Simanjuntak,Iwan Jannus Sinaga,Arendy Sinaga dan Rosen Sinaga. Dan Atas kesepakatan bersama maka terpilihlah susunan kepanitiaan KSB sbb :
1. Tagor Aruan sebagai Ketua.
2. Maslen Sinaga, S.Sos, M.Sc sebagai Sekataris.
3. Eddin Sihaloho, SE Sebagai Bendahara.

Komite ini terdiri dari Komisi Penjaringan Nominator, Komisi Hukum, Komisi Publikasi dan Komisi Pendanaan yang bertugas untuk memilih figur atau tokoh-tokoh Batak untuk tahun 2019 & 2020 melalui sebuah mekanisme yang independen dan kredibel berdasarkan beberapa kriteria - kriteria tokoh Bangso Batak.

Pembentukan komite ini dilatar belakangi oleh sebuah kerinduan yang amat besar dari beberapa masyarakat Batak dan juga generasi muda Batak untuk mememiliki beberapa figur atau tokoh Batak yang ada di Indonesia ataupun yang berada diluar negeri yang dapat menjadi panutan bagi masyarakat Batak dengan maksud agar tokoh-tokoh yang nantinya terpilih dan dikukuhkan dapat menjadi sosok pengayom dan pemersatu serta tokoh sentral bagi masyarakat Batak. Sehingga bukan lagi hanya menjadi tokoh bagi sektor marganya masing-masing tapi menjadi milik semua masyarakat Batak pada umumnya.

Disamping pengurus-pengurus tersebut diatas, dipilih juga beberapa penasehat untuk Komite ini dari Kalangan Tokoh-tokoh Batak, dimana seluruh Ketua Perkumpulan marga-marga Batak yang ada diwilayah Medan dan Sumatera Utara dan sekitarnya juga diminta bersedia duduk sebagai Dewan Penasehat.

Komite ini sifatnya independent artinya tidak dibawah naungan Ormas Batak manapun, atau perkumpulan marga-marga Batak manapun. Komite ini adalah lintas Ormas Batak, Lintas perkumpulan marga-marga Batak, Lintas agama dan juga suku puak-puak Batak. ustru 

Komite ini nantinya akan mengajak semua ormas bangso Batak, perkumpulan marga  Batak untuk bekersama dalam program ini.

Demikian juga tokoh-tokoh Batak yang akan dipilih sifatnya juga berasal dari lintas Ormas, Suku puak-puak Batak, agama atau marga-marga Batak.Artinya berasal dari masyarakat luas.

Oleh sebab itu, Komite ini akan segera menghubungi seluruh ormas Batak yang ada dimanapun be juga semua perkumpulan marga-marga Batak untuk ikut berpartisiapasi mengajukan Nominasi yang mereka anggap cocok untuk diajukan sesuai dengan Kriteria-kriteria diatas, dan juga ikut duduk sebagai dewan Penyeleksi yang independent.

Puncak proses penyeleksian dan pengukuhan tokoh-tokoh yang terpilih dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2020.

Komite ini murni untuk mendapatkan figur atau tokoh-tokoh Batak seperti yang tertuang didalam buku falsafah pemimpin Bangso Batak yang memiliki sifat atau karakter antara lain :
-  Memiliki Jiwa Kepemimpinan
-  Sosok Arif dan Bijaksana dan Panjang sabar.
- Rendah hati dan memiliki sifat 8malayani.
- Sosok yang dapat menjadi pengayom.
- Memiliki Karakter yang kuat ; tegas, dan memiliki Karisma.
- Jujur dan tidak suka memanfaatkan sesuatu untuk kepentingan pribadi.
- Sosok yang beriwibawa dan tutur katanya dapat dipercaya.

Disamping hal-hal yang sudah diuraikan diatas, harapan dibentuknya Komite ini adalah juga agar baik masyarakat maupun para tokoh Batak lebih bersatu dan termotivasi untuk memberikan perhatian yang lebih dan keperdulian terhadap masalah-masalah krusial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat Batak saat ini dan terpanggil untuk memberikan Sumbangsih pikiran, ide, masukan dan tindakan nyata demi lebih majunya masyarakat Batak dimasa yang akan datang, baik dari segi pendidikan, sosial terutama dalam hal perekonomian. 
Dan dengan sendirinya hai ini juga tentunya ikut memajukan bangsa dan negara RI yang kita cintai ini.(TA)

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »