Pemkab Sergai Gelar Seminar Pembangunan Ekonomi

Pemkab Sergai Gelar Seminar Pembangunan Ekonomi
dok. pemkab Sergai

SERGAI,(PAB)----

Bertempat di Aula Objek Wisata Theme Park Pantai Cermin, Pemkab Sergai Gelar Seminar Pembangunan Ekonomi, Selasa (3/12) di hadiri Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP, MAP, Wakil Ketua DPRD Siswanto, Kepala Bappeda Sergai Ir. Hi. Prihatinah, Kepala Bappeda Kabupaten Deli Serdang, Batubara, Tebing Tinggi, Narasumber Yusak Maryuanta dari USU, Facrulsyah Mega dari Kaukus Kemitraan Indonesia Untuk Pencapaian Kesejahteraan Pelaku Usaha, Kepala OPD, Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si, Camat Pantai Cermin Erfin Fachrurrazi, S.STP, M.Si, perbankan, pelaku UMKM se-Sergai serta para undangan.

Kaukus Kemitraan Indonesia, Facrulsyah Mega memaparkan bahwa Pencapaian Kesejahteraan Pelaku Usaha Sergai harus menjadi sentra kekuatan pertumbuhan ekonomi yang baru di Sumut sebab potensinya sangat besar.

"Beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut antara lain pusat wisata kuliner Nusantara, Pusat Hiburan Tradisional Nusantara, Pusat Perkulakan Hasil Pertanian dan Perikanan Berbasis IT, serta Pusat Industri Rakyat yaitu Perikanan, Pertanian dan Ekonomi Kreatif."ungkapnya.

Ia menyebut Prasyaratnya yaitu paradigma tatakelola pemerintahan berbasis enterpreneurship, pelayanan publik berbasis IT, serta mewujudkan insfratruktur berstandar nasional.

"Jadi kita harus bergerak untuk berubah, agar tidak tertinggal dari daerah lain."ujarnya.

Sementara Succes Story dari Rita Maizar, Pengusaha Dodol Sejahtera Pasar Bengkel mengatakan apa yang dilihat orang bahwa pasar bengkel akan kolaps dengan adanya jalan tol itu salah, justru dodol bengkel saat ini tengah bangkit.

"Alhamdulillah kita sudah teken kontrak kerjasama dengan waralaba Indomaret dan kami tekadkan untuk mengembalikan kembali produksi dodol 10 kuali per hari dengan pemanfaatan teknologi, media sosial serta konvensional. Tidak ada masalah dengan adanya pembangunan jalan tol ataupun prediksi resesi ekonomi, kita hadapi dan cari solusi bersama agar bagaimana produk-produk sergai dapat tampil bersama produk-produk yang sudah lebih dahulu dikenal lainnya.Kami juga ingin berdiri dan berusaha dengan kemampuan dan berdiri di kaki sendiri, maka dari itu jangan terlalu menuntut dan menunggu bantuan dari pemerintah, kita satukan tekad untuk bangkit dan berjuang bersama meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya UMKM." Ungkapnya.

Dilanjutkan Succes Story dari Ahmad Zaki, Pengusaha Keripik Gosong Asli Sergai mengatakan Strategi yang ia terapkan antara lain dengan offline dan online.

Target tradisional market yaitu mencakup anak sekolah, warung, Middle Up : Toko, Anak kukiaha (yang dapat juga dijadikan reseller), kelas papan atas (ibu pejabat dan kantoran) serta toko online seperti Bukalapak, Shopper, Blibli dan lainnya.

"Saya menyediakan database lapak penjualan saya kepada rekan-rekan pengusaha UKM lainnya untuk dapat juga mendrop produknya agar lebih mudah dalam pemasaran." terangnya.

Ia menyebut saat ini konsumen dari Zack keripik antara lain  PT KAI, PT PLN, Gallery Ulos Sianipar Medan, 212 Mart serta penambahan 2 distributor baru dengan meyode berbagi zona area. Hal tersebut dilakukan agar adanya jalan tol tidak berpengaruh apapun terhadap hasil penjualan produk, namun malah semakin bertambah besar omsetnya.

Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman yanh dibacakan Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini terutama pada narasumber yang sangat berkualitas serta memotivasi.

Ini isi sambutan Bupati Sergai: PEMBANGUNAN DAERAH ADALAH USAHA YANG SISTEMATIK UNTUK PEMANFAATAN SUMBER DAYA YANG DIMILIKI DAERAH UNTUK PENINGKATAN DAN PEMERATAAN PENDAPATAN MASYARAKAT, KESEMPATAN KERJA, LAPANGAN BERUSAHA, MENINGKATKAN AKSES DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN DAYA SAING DAERAH. 
PEMBANGUNAN JALAN TOL MEMPUNYAI PENGARUH BESAR TERHADAP PEREKONOMIAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. DAMPAK POSITIF DARI PEMBANGUNAN JALAN TOL MEDAN-KUALANAMU-TEBING TINGGI (MKTT) MERUPAKAN CARA UNTUK MEMPERCEPAT ARUS BARANG DAN ORANG DARI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI MENUJU MEDAN ATAU DELI SERDANG TERUTAMA KE BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU. AKAN TETAPI PEMBANGUNAN JALAN TOL TERSEBUT JUGA MEMBERIKAN DAMPAK NEGATIF DIANTARANYA MEREDUPNYA SENTRA PERDAGANGAN PASAR BENGKEL, MENURUNNYA NILAI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT, DAN SEBAGAINYA. HAL TERSEBUT MENJADI LATAR BELAKANG DILAKSANAKANNYA SEMINAR PEMBANGUNAN EKONOMI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI.
ADAPUN TEMA PADA KEGIATAN SEMINAR PEMBANGUNAN EKONOMI INI ADALAH “ PELUANG DAN TANTANGAN PEREKONOMIAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI PASCA PEMBANGUNAN JALAN TOL MEDAN-KUALANAMU-TEBING TINGGI (MKTT) ”. 
MELALUI KEGIATAN SEMINAR INI, DIHARAPKAN KITA AKAN MENDAPAT BERBAGAI MASUKAN DARI SEMUA PIHAK DALAM RANGKA PENINGKATAN PEREKONOMIAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI YANG PADA AKHIRNYA AKAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

Tambah Sekdakab dengan penyampaian narasumber hari ini, kami birokrat dapat keluar dari zona nyaman, dan kami tidak terus menerus menjadi robot yang berperilaku stagnan serta tidak berkembang.
Diharapkan kita dapat menularkan succes story kepada masyarakat kita khususnya di Pasar Bengkel sehingga dampak negatif pembangunan jalan tol ini dapat dihindari serta memunculkan berbagai inovasi dalam distribusi produk UMKM Sergai.
7 Januari 2020 nanti terkait HUT Sergai ke 16 akan ada berbagai kegiatan. Diharapkan pada saat kegiatan tersebut kita akan melakukan pameran secara online, agar dapat lebih efektif dengan pemanfaatan teknologi. Kepada seluruh OPD untuk mempersiapkan dan menyajikan produk inovasi masing-masing dan menguploadnya kedalam website serta menyebarkan melalui media sosial agar memudahkan masyarakat mengaksesnya.
Untuk itu kami akan menginstruksikan kepada seluruh OPD untuk menggunakan produk lokal dalam setiap kegiatan untuk majunya UMKM di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, ucapnya mengakhiri.(Bambang)

Berita Lainnya

Index