Kabupaten Sergai Terima Penghargaan dari KIP, Ini Tanggapan Soekirman

Kabupaten Sergai Terima Penghargaan dari KIP, Ini Tanggapan Soekirman
Bupati Kabupaten Sergai, H. Soekirman menerima penghargaan dari KIP yang diserahkan langsung Gubernur Sumut, Edy Ramayadi

SEBGAI,(PAB)----

Kabupaten Sergai menerima penghargaan sebagai Kabupaten “ Informatif “ se-Sumut dari Komisi Informasi Publik (KIP) yang diserahkan langsung Gubsu, Edy Rahmayadi kepada Bupati Ir H Soekirman.Jumat (25/10/2019) di Grand Aston Hotel Medan

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengapresiasi jajaran Komisi Informasi (KI). Sejak awal kami menerapkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan interaksi suka dan duka kami termasuk sering dipanggil KI terkait persoalan keterbukaan informasi tersebut.

Hal ini tentu menjadi pembelajaran kami, yang pahit itu lebih baik untuk mengobati, ketimbang manis namun membuat sakit, dan pada akhirnya hari ini meraih penghargaan yang sangat prestisius ini menyimpulkan bahwa kita semua Kepala Daerah adalah wartawan dan semua tempat adalah sumber berita. Artinya kita semua harus dapat memberitakan segala hal yang ada disekitar kita sebagai bahan informasi dan edukasi bagi masyarakat sehingga membangun budaya literasi diantara kita.

Hngga saat ini terdapat 2/3 penduduk di dunia telah terkoneksi dan sudah hampir hyper-connected. Jika sudah demikian, sekarang bagaimana kita memanfaatkan informasi untuk dapat memberdayakan orang-orang yang telah terkoneksi ini. “ Saat ini, lebih dari 30 aplikasi yang ada di portal Kabupaten Sergai, sementara di desa, ada Sistem Informasi Desa (SID) yang dikelola oleh desa itu sendiri lebih dari seratus desa telah terkoneksi dengan aplikasi.

Di Kabupaten Sergai saat ini, seluruh OPD telah melakukan uji konsekuensi yang dapat menyaring informasi yang harus disampaikan maupun informasi yang dikecualikan. Untuk Kategori penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Kategori Informatif yang kami raih ini sangat menjadi motivasi untuk meningkatkan pada tingkatan pelayanan informasi publik yang lebih baik lagi.

Bukan tanpa hambatan, yang harus dilakukan adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran warga kita agar dapat menumbuhkan succes story dan motivasi dari masyarakat agar dapat bersama bersatu membangun bangsa antara lain melalui saluran keterbukaan informasi publik ini. Saya yakin informasi yang relevan dan membangun yang kita buka ini akan menjadikan Sumut Bermartabat, Membangun Desa Menata Kota dapat segera terwujud.t

Ditetapkannya Sumut sebagai salah satu destinasi wisata Geopark Toba Caldera, intinya bagaimana orang datang, puas dan datang lagi. Semua dinas adalah dinas pariwisata, semua tempat adalah destinasi wisata, dan semua kegiatan adalah atraksi wisata. “ Untuk mendukung hal tersebut, Kabupaten Sergai menyatakan siap untuk wisata desa dan wisata tani dengan melihat langsung pertanian desa serta pengalaman menginap di suasana pedesaan yang asri pada homestay yang telah disediakan, jelasnya.

Sementara itu, Gubsu H Edy Rahmayadi mengatakan kapasitas untuk membuka informasi hendaknya selaras dengan kepentingan dan harkat derajat masyarakat agar berguna dan memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Terdapat tiga faktor pentingnya Informasi bagi kemajuan daerah yaitu, pertama adalah Manfaat, yang dijadikan sebagai patokan kita sebagai dasar pelaksanaan keterbukaan informasi publik , bahwa jika Keterbukaan Informasi yang kredibel tersebut ketika dibuka, harus memberikan bermanfaat bagi orang banyak.

Kedua adalah Keadilan, artinya informasi tersebut diberikan kepada masyarakat dengan adil tanpa memilah-milah. Sedangkan yang ketiga adalah Kepastian, bahwa dengan informasi yang kredibel, maka akan memberikan keyakinan dan kepastian investor untuk menanamkan investasinya, ujar Edy

"Marilah kita manfaatkan Informasi sesuai dengan kepentingan membangun daerah khususnya Sumut yang bermanfaat, bukan memanfaatkan informasi tersebut untuk hal yang tidak sesuai dengan kepentingannya" katanya.

Ketua Komisi Informasi Provsu Robinson Simbolon memberikan masukan, kritik dan saran sehingga semua kegiatan pemerintahan dapat dipertanggungjawabkan secara kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Keterbukaan informasi publik sudah sangat menggembirakan serta on the right track, dan naikkan komitmen. (Bambang)

Berita Lainnya

Index