Pelatihan Konduktor LPPD Pesparawi Daerah Diikuti 60 Peserta

Pelatihan Konduktor LPPD Pesparawi Daerah Diikuti 60 Peserta

MEDAN,(PAB)-----

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H mengapresiasi digelarnya Pelatihan Konduktor yang digelar Lembaga Pengembangan (LPPD) Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Daerah Medan. Diharapkan Pelatihan ini akan semakin menambah ilmu dan pengetahuan para Konduktor dalam memimpin dan melatih paduan suara gereja-gereja yang ada di Kota Medan.

Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan diwakili Kadis Pencegah dan Pemadaman (P2K), Albon Sidauruk ketika membuka Pelatihan Konduktor tingkat pemula dan menengah yang digelar di Hotel Swiss-Bellin jalan Gajah Mada, Sabtu (12/10).

Pelatihan yang diikuti sebanyak 60 Konduktor perwakilan dari gereja-gereja ini menghadirkan Narasumber yang merupakan Konduktor Profesional yakni Ansgar Baringin Manurung dan Hendra Fisher Lingga.

Dihadapan yang hadir, diantaranya Ketua Sumatera Berdoa Sekaligus Penasehat LPPD, JA Ferdinandus, Ketua Oikumene Kota Medan, Hanna Lore Simanjuntak yang juga merupakan Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan, Ketua LPPD Medan Anton Panggabean, Bendahara LPPD, Maslen Simarmata, Wali Kota Medan dalam sambutan yang dibacakan Kadis P2K mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bekal untuk memperoleh pengetahuan serta keterampilan.

"Untuk mendukung pelayanan paduan suara yang enak didengar, tentunya dibutuhkan konduktor atau pelatih yang memiliki skill baik teknik, artikulasi, pernafasan diafragma, sikap badan, resonansi dan Vibrato serta intonasi. Sehingga dapat membawa paduan suara dalam meraih prestasi di bidang olah vokal khusus Pesparawi baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional", kata Albon Sidauruk.

Selanjutnya Albon Sidauruk berharap kepada para Konduktor agar mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, sebab peran pelatih paduan suara sangat penting dalam meraih berbagai prestasi di bidang olah vokal. Disamping itu Kadis P2K juga mengucapkan terimakasih kepada LPPD Medan yang telah membina konduktor dengan menggelar Pelatihan ini.

Sementara itu, Ketua LPPD Medan, Anton Panggabean menjelaskan bahwa digelarnya Pelatihan ini selain bertujuan untuk menambah ilmu dan keterampilan para Konduktor juga sebagai persiapan lomba Pesparawi Kota Medan yang akan digelar 1 Desember mendatang.

Artinya Hasil dari pelatihan ini nantinya disosialiasikan ke paduan - paduan suara, baik yang berada di lingkungan gereja maupun choir di tengah masyarakat sebagai persiapan Lomba Pesparawi tersebut.

"LPPD Kota Medan terus berkomitmen untuk meraih prestasi dalam Pesparawi baik itu tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional, dimana tahun 2018 meraih juara umum di tingkat Provinsi Sumatera Utara dan banyak membawa emas di tingkat Nasional pada tahun yang sama", jelas Ketua LPPD Medan.(Evi)

Berita Lainnya

Index