Ucapan H. Ruslan tentang Kesejahteraan Anggota, Ketua DPC Pendawa Deli Serdang Angkat Bicara

Ucapan H. Ruslan tentang Kesejahteraan Anggota, Ketua DPC Pendawa Deli Serdang Angkat Bicara
Ketua Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Kabupaten Deli Serdang M Arifin

DELISERDANG,(PAB)----

Ketua Persatuan Pemuda Jawa (Pendawa ) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumatera Utara, H. Ruslan berencana akan segera membangun Koperasi dan pemberdayaan ekonomi anggota dengan membangun perkebunan Herbal serta mewujudkan program kesehatan berobat gratis, ternyata perkataannya menuai kritikan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Kabupaten Deli Serdang M Arifin pun angkat bicara prihal pemberitaan sebelumnya yang bersinggungan dengan  kesejahtraan anggota.

"Apa yang dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ruslan S.H tidak relevan"ujar Arifin kepada pab-indonesia.co.id, Jumat (27/9/2019), di Pakam.

Arifin mengatakan ucapan Ruslan bak Api jauh dari panggang, dalam hal berorganisasi, pimpinan harus bertindak sesuai ketentuan dan mekanisme yang telah diatur dalam ketentuan AD dan ART organisasi, bukan bersikap otoriter.

Selama menduduki Dua Puluh (20) Tahun  jabatan Ketua DPW Sumut, posisi Ruslan tak tergantikan sebagai Ketua, karena tidak ada proses masa pergantian pengurus DPW Sumut melalui mekanisme pemilihan atau Musyawarah Wilayah (Muswil) untuk masa bakti pengurus DPW Sumut.

"Begitupun seharusnya sebagai ketua DPW Sumut Pandawa selama empat priode kepemimpinan harus bersikap arif, jangan tebang pilih dan menganak tirikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting, harus bersifat jujur, adil, bijaksana, sopan santun dan harus bertanggung jawab karena itu amanah kelak akan di pertanggung jawabkan" tegas Arifin.

Sedangkan dalam bersikap, Arifin menilai prilaku Ruslan telah melanggar Etika kepemimpinan, sebagaimana hal itu berkaitan dengan kepentingan organisasi dalam hal koordinasi.

"Saya mendapat informasi dari pengurus PAC jajaran Deli Serdang dan Ranting, Ketua Ruslan mengadakan pertemuan dan rapat anggota tanpa memberi intruksi kepada saya untuk pertemuan itu" sesal Arifin selaku pimpinan DPC Deli Serdang, dirinya merasa dikangkangi.

Hal senada juga dikatakan salah satu anggota DPC Deli Serdang, Anto yang membenarkan peryataan Ketua DPC Deli Serdang.

"Sebagai pimpinan DPW Pendawa Sumut Ruslan harus bangga, kepada Ketua DPC Deli Serdang, jangan mementingkan kepentingan dengan maksud tujuan tertentu yang menguntungan sepihak" cetus Anto menimpali.

Lanjut Anto, selama memimpin di Kabupaten Deli Serdang, M. Arifin telah membawa banyak perubahan, yang sebelumnya pengurus dan anggota selama ini  fakum  menjadi solid dan eksis di bawah kepemimpinan M Arifin. "Kegigihan  mengkader anggotanya patut di acungkan jempol," timpal Anto yang menyayangkan sikap H. Ruslan

Terpisah, Ketua PAC Pancurbatu,  Suwarni mengamini perkatan Ketua DPC Deliserdang, M. Arifin.

"Bukan itu saja, seharusnya per lima (5) tahun sekali di digelar Musyawarah Wilayah (Muswil), sudah empat kali  pergantian, Musda, Muscab dan Musran, Ruslan tetap duduk tenang disinggasananya" ujar Suwarni.

Suwarni membeberkan perjalanan paguyuban Pandawa tidak relevan dengan ketentuan AD/Art organisasi, selama 20 Tahun berdiri Pandawa Sumut tetap dipimpin H. Ruslan.

Padahal menurutnya, perkembangan Pandawa pesat di Kabupaten Deliserdang selama di bawah kepemimpinan M Arifin.

"Baru berjalan dua setengah tahun sudah terbentuk 13 PAC yg sebelumnya 8 PAC sementara pengurus untuk tingkat Ranting sudah mencapai 50 pengurus yang sebelumnya hanya 5 Ranting", terang Suwarni

 

Sebelumnya, Persatuan Pemuda Jawa (Pendawa ) Sumatera Utara dalam waktu dekat akan memperkuat tatanan persaudaraan  dalam berbagai program terkhusus menyangkut kesejahteraan anggota dan masyarakat dengan mengadakan berbagai bakti sosial dan mendirikan koperasi.

Hal itu dikatakan Ketua Pandawa Sumut, H.Ruslan kepada pab-indonesia.co.id disela-sela kegiatan kunjungan salahsatu anggota yang sakit, Sofia istri dari  Sekretaris DPC Pendawa Kapubaten Deli Serdang, Sairin yang dirawat di rumah sakit umum Grand Medistra, Lubuk Pakam.Selasa (24/9/2019)

Organisasi Paguyuban Jawa antara  lintas agama, suku, golongan serta Parpol ini berkiprah dalam mengedepankan sosial budaya, kegotongroyongan, solidaritas dan keguyuban antar anggota dan warga masyarakat di Indonesia. 

Dikatakan Ruslan, Program sosial Pendawa ini adalah bagaimana anggota Pendawa kedepannya lebih solid, guyub antara suku ras dan agama dan lebih meningkatkan kepedulian sosialnya khususnya buat anggota Pendawa yang sakit atau terkena musibah.

"Sehingga organisasi Pendawa bermanfaat kepada  anggotanya. Disamping itu diharapkan kepada seluruh anggota Pendawa untuk memperbanyak kebajikan dan kepedulian sosialnya di Indonesia khususnya"ujar H Ruslan SH yang juga pendiri Pendawa 

Tambahnnya, kedepannya Pendawa ini akan bangun kerjasama dengan lembaga atau yayasan yang bergerak dalam kesehatan untuk melakukan pemeriksaan pengobatan gratis.

"Pendawa Sumut  dalam waktu dekat ini juga akan melakukan penanaman tumbuhan obat herbal alami di satu tempat yang akan dijadikan khusus tanaman obat herbal buat anggota Pendawa di indonesia," kata  H Ruslan, SH menambahkan juga akan memberdayakan Koperasi Pendawa dan Kelompok Tani. 

"Saya juga mengimbau kepada anggota Pendawa, supaya program sosial dan pemeriksaan kesehatan gratis lebih digerakkan dan juga program menanam tanaman obat herbal di pekarangan dan lingkungan rumah anggota Pendawa masing masing, " tegas Ruslan. (Erli)

Berita Lainnya

Index