PMD Sergai Selenggarakan  Seleksi Ujian Tertulis Calon Kades dengan Metode CAT 

PMD Sergai Selenggarakan  Seleksi Ujian Tertulis Calon Kades dengan Metode CAT 

SERGAI (PAB)–

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menyelenggarakan  Seleksi Ujian Tertulis Bagi calon Kepala Desa (Kades)  dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) Ujian Seleksi tertulis  di Gelar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Perbaungan, Kamis (5/9) pagi.

Seleksi yang digelar  bagi Bakal Calon Kades  diikuti 98 (Sembilan Puluh Delapan) Orang, 87 Laki laki dan 11 Perempuan, sementara penyeleksian di bagi menjadi 3 Lokal. Dari 13 (tiga belas) Desa dari 8 (Delapan) kecamatan diantaranya Kecamatan Tanjung Beringin, Tebing Tinggi, Sipispis, Tebing Syahbandar, Sei Bamban, Kotarih, Bintang Bayu, dan Sei Rampah. Dalam  penyeleksian kepala desa setiap desa hanya bisa di ikuti 5, calon kepala desa .

Kata sambutan Bupati Sergai Ir H .Soekirman yang dibacakan Sekdakab Drs Hadi Winarno, MM menyampaikan bahwa Kepala Desa merupakan ujung tombak dalam proses pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintah Desa, sebagai seorang pemimpin tentunya harus dibekali dengan ilmu yang bermanfaat, dimana setiap calon Kepala Desa harus memiliki kemampuan dan pengatuan tentang Pemerintah Desa.

Dalam proses penentuan calon Kepala Desa ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pertama, seleksi ujian tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) dan psikometri bagi bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang. Kedua, tes wawancara kesetiaan terhadap pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Pemerintah Republik Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika bagi seluruh bakal calon kepala desa, serta tes kemampuan baca tulis bagi istri / suami bakal calon kepala desa.

"Dengan adanya tahapan ini kita berharap, Kepala Desa yang terpilih nantinya merupakan pemimpin yang memang memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang pemerintah desa, sehingga dalam proses pelaksanaan pemerintah desa dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku" ujarnya.

Karena tujuan dari seleksi ujian tertulis ini untuk mengukur kemampuan pemahaman bakal calon kepala desa dan menetapkan bakal calon kepala desa yang layak dan benar-benar siap untuk menjadi pemimpin di desa," papar Bupati Soekirman.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Sergai, H Ikhsan, AP, M.Si dalam laporannya menyampaikan maksud pelaksanaan seleksi ujian tertulis bagi bakal calon Kepala Desa yang lebih dari 5 orang di laksanakan dengan maksud agar para bakal calon kepala desa dapat lebih memahami tentang pemerintahan desa.

Tujuan pelaksanaan, seleksi ujian ini dilaksanakan dengan tujuan diantaranya untuk mengukur pemahaman para bakal calon kepala desa dan untuk mengukur tingkat pengetahuan para bakal calon kepala desa tentang pemerintahan desa dan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar dalam menjalankan pemerintahan desa nantinya berjalan sesuai koridor, ujarnya.

Dijelaskan Kadis, peserta terdiri dari para bakal calon kepala desa lebih dari 5, orang yang ada di- 13' Desa di 8 Kecamatan sebanyak 98 (sembilan puluh delapan) orang dengan Tim Seleksi pada kegiatan ini yaitu dari lembaga permata Pysco Consultants Medan.

"Kegiatan Seleksi Ujian tertulis ini bagi bakal calon kepala desa lebih dari 5 orang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,"tandas nya .

Turut hadir dalam Gelaran Seleksi tersebut Sekda Kabupaten Drs Hadi Winarno MM , Kadis PMD Sergai H Ikhsan, AP, M.Si, Camat Perbaungan Benny Saragih, perwakilan Polres Sergai dan Satpol PP serta seluruh Peserta Calon Kepala Desa.(Bambang)

Berita Lainnya

Index