Gubsu: Semangat Memajukan Olahraga Harus Terus Kita Gelorakan

Gubsu: Semangat Memajukan Olahraga Harus Terus Kita Gelorakan
Gubernur Sumut Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi melepas kontingen Sumut

Medan, (PAB)----

Gubernur Sumut Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi melepas kontingen Sumut untuk mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) di Makasar pada 14-21 Oktober 2017 mendatang. Pelepasan Kontingen ini di lakukan di Gubernuran Jalan Sudirman No 41 Medan Sabtu (07/10/2017).

Hadir diantaranya Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) Isa Indrawan, dan Kadispora Provsu Baharuddin Siagian.

Dalam kesempatan tersebut Gubsu Erry menegaskan agar perlunya menggelorakan semangat untuk memajukan olahraga. Hal ini harus dilakukan agar prestasi Sumut dibidang olahraga semakin baik lagi kedepan. Sebagai Provinsi terbesar keempat dari 34 provinsi yang ada
Menurut Gubsu sudah sepantasnya Sumut berada diperingkat keempat di berbagai bidang termasuk olahraga.

"Kalau melihat populasi Sumut sangat wajar kita berada diperingkat empat.  Paling tidak peringkat limalah, karena ada Jakarta walaupun jumlah penduduknya lebih kecil tapi merupakan ibu kota negara. Makanya semangat memajukan olahraga ini harus terus digelorakan,"ujar Gubsu.

Untuk mengangkat prestasi olahraga lanjut Gubsu, Pemprovsu telah menggalakan kegiatan-kegiatan olahraga memperebutkan piala Gubsu untuk merangsang lahirnya atlet-atlet handal. Setidaknya untuk olahraga pelajar ada 25 cabang olahraga yang digelar Kejuaraan Daerah (Kejurda). Sedangkan untuk olahraga prestasi ada 16 cabang olahraga yang diprogramkan KONI Sumut.

"Dengan event ini diharapkan para atlet bergairah dan memunculkan atlet baru berpertasi. Kalau kegiatan ini terus bergulir terus kita yakin bahwa olahraga kita di Sumut akan terus bangkit. Apalagi ditambah perhatian pemerintah berupa bonus kepada atlet berprestasi,"ujarnya.

Selain itu lanjut Gubsu untuk membangkitkan semangat olahraga adalah dengan menjadi tuan rumah event-even nasional. Hal ini jugalah yang mendorong Pemprovsu memperjuangkan Sumut sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Makanya saya intruksikan Koni dan Disporasu untuk terus memperjuangkan agar kita bisa menjadi tuan rumah bersama dengan Aceh pasca PON di 2020 di Papua. Alhamduillah sampai saat ini sudah ada 17 Provinsi yang mendukung kita jadi tuan rumah. Dengan menjadi tuan rumah PON tentunya akan semakin banyak pembangunan-pembangunan sarana olahraga termasuk lapangan sepakbola yang lebih baik dari Telada,"ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubsu juga memotivasi para atlet POMNAS agar menjaga nama baik Sumut dan Juga meraih prestasi di Makasar nanti. Para atlet mahasiswa ini harus mampu mengukir prestasi seperti halnya yang dilakukan para atlet Disabelitas Sumut di ajang nasional maupun internasional.

"Di ajang nasional atlet disabilitas kita masuk tiga besar.  Begitu juga di ajang Asean Paragames di Malaysia kemarin, atlet kita masuk tiga besar penyumbang mendali untuk kontingen Indonesia. Oleh karenanya pemberian bonus tahun lalu mereka lebih banyak karena prestasi mereka. Untuk itu raihlah prestasi di ajang POMNAS nanti,"pungkas Erry.

Sementara itu Ketua Bapomi Sumut Isa Indrawan optimis kontingen Sumut akan berjuang maksimal untuk mengukir berprestasi pada POMNAS ke XV. Sikap optimisi ini dikatakan Isa melihat perhatian Pemprovsu khususnya Gubernur Sumut Erry Nuradi kepada olahraga di Sumut.

"Ini catatan sejarah dan bagai mimpi Kontingen Pomnas Sumut dilepas keberangkatannya oleh Gubsu. Insyaallah prediket terbaik diluar Pulau Jawa akan kita raih,"ujar Isa sembari mengatakan kontingen Sumut terdiri dari 125 orang terdiri atlet, pelatih dan official.

Senada Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengaku bangga Kontingen POMNAS Sumut dilepas Gubsu Erry. John Ismadi pun berharap para atlet mahasiswa bisa berkontribusi positif dengan membawa pulang prestasi untuk Sumut.

"Melihat semangat dan keperdulian yang ditunjukan Pak Gubernur terhadap olahraga maka sangat wajar Gubernur kita mendapat penghargaan dari Menpora di Harhonas kemarin. Kepada atlet raihlah prestasi karena ajang ini juga dalam rangka peraiapan PON. Karena ada diantara para atlet yang masuk kedalam Program Atlet Sumut Mas 2017,"ujarnya. (RJS)

 

Berita Lainnya

Index