Bangunan BUMDes di Desa Melati II Perbaungan "Nganggur"

Bangunan BUMDes di Desa Melati II Perbaungan
Gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Madani yang terletak di desa Melati II Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Foto/Bambang)

SERGAI - (PAB)---

Bangunan Gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Madani yang terletak di desa Melati II Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai tidak dipergunakan terkesan mangkrak dan terbengkalai.


Mirisnya, pembangunan bangunan tersebut diketahui bersumber dari dana desa dan diduga pembangunannya  mencapai miliaran rupiah dan jika tidak digunakan sebagaimana mestinya tentunya sangat merugikan negara.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari warga sekitar diketahui bahwa, sudah 6 bulan BUMDes tersebut tidak beroperasi dan terkesan dibiarkan begitu saja.


"Sementara, peresmiannya masih baru yaitu pada tanggal 04 April 2018 yang lalu oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dan dihadiri sejumlah OPD Kabupaten Sergai,"ungkap salah seorang warga sekitar bangunan BUMDes, desa Melati II yang tidak bersedia namanya dipublikasikan.


Ketika hal ini dikonfirmasi kepada warga lainnya,Rabu (3/7/19) sore, jawabannya hampir sama.

"Keberadaan BUMDes Madani sekarang tidak beroperasi lagi, sehingga menjadi tanda tanya bagi kami masyarakat kalau tidak salah anggaran dananya bersumber dari Dana Desa,"ujarnya.

Bila pemerintah tak ada solusi,lanjutnya, pembangunan tersebut menjadi sia sia dan  mubazir sementara, bangunan yang kosong itu sekarang menjadi sarang nyamuk dan hantu, kalau malam gelap gulita bang,ucapnya dengan nada kesal.

Warga desa Melati II berharap Pemerintah Desa punya solusi untuk bangunam BUMdes tersebut sehingga dapat bermanfaaat bagi masyarakat.

"Sangat disayangkan, kita ketahui bersama, bahwa BUMDes Madani Desa Melati II langsung diresmikan oleh orang nomor satu Kabupaten Sergai (Bupati-red) pada Bulan April Tahun 2018 lalu,kenapa tidak digunakan sebagaimana mestinya?," tanya seorang ibu kepada pab-indonesia.co.id.

Menanggapi hal itu,pab-indonesia mencoba mengkonfrmasi Kepala Desa Melati II Supardi melalui pesan whatsapp terkait bangunan BUMdes tersebut namun tidak mendapatkan balasan.(Bambang)

Berita Lainnya

Index